G-Smart.id-Samarinda- Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ((F-PKB) DPRD Kaltim Syafruddin menerima kunjungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman di Gedung E Lantai 1 Kantor DPRD Kaltim terkait kegiatan “Visiting” oleh Bem FEB Unmul Periode 2021 Selasa (22/06).

Anggota Komisi III Syafruddin mengatakan, sebagai senior dan alumni Unmul sangat mengapresiasi inisiatif dan keinginan mahasiswa untuk berdiskusi berdialog dengan wakilnya karena dirinya wakil rakyat dan juga wakilnya mahasiswa.

“Kehadiran mahasiswa disini ingin mengetahui tugas dan Fungsi Anggota Dewan dan apa yang telah dikerjakan oleh DPRD” ujar Syafruddin

Dijelaskan Syafrddun DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“Fungsi DPRD yang pertama Legislasi diwujudkan dalam bentuk peraturan daerah bersama-sama Gubernur. Kedua Fungsi anggaran diwujudkan dalam membahas dan menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah bersama Gubernur.

Kemudian yang ketiga fungsi pengawasan, diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan, Peraturan Gubernur, Keputusan Gubernur dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam rangka representasi rakyat di daerah, ” beber Syafruddin.

Lanjut Syafruddin mengatakan DPRD juga memiliki hak interpelas, hak angket dan menyatakan pendapat. Selain itu DPRD memilik tugas dan Wewenang yang petama membentuk Peraturan Daerah bersama Gubernur, yang kedua membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang diajukan oleh Gubernur,

Dan yang ketiga melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD dan masing banyak tugas lainya.

“Intinya saya sangat apresiasi dan kita berharap kedepan diskusi dan dialog seperti ini harus tetap terjaga dirawat agar perjuangan untuk memakmurkan rakyat Kaltim bisa diwujudkan bersama” kata syafruddin.

Sementara Ketua BEM FEB menagtakan pada hari ini kami datang untuk bekunjung ke Komisi III DPRD kaltim untuk mengetahui tugas dan fungsi Anggota Dewan dan juga berdiskusi tentang infrastruktur, pembangunan yang ada di Kaltim.

“Ini silaturahmi pertama kami untuk kedepannya kami sebagai mahasiswa berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik untuk pemerintah Kaltim” ungkapnya.

“Juga turut aktif untuk mengkritisi setiap kebijakan khususnya yang berhubungan tentang pembangunan dan juga kesejahteraan rakyat Kaltim itu sebagai jargon seorang mahasiswa khususnya mahasiswa universitas Mulawarman,”tutupnya. (ADV/GS05).

Spread the love