G-Smart.id – Samarinda – Panitia seleksi Bakal Calon Badan Pengawas/Komisaris Independen serta Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) telah mengumumkan 61 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi adminstrasi, selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya sesuai jadwal yang diumumkan sebelumnya.

Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir berharap nantinya yang menguji tahap Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) harus diisi oleh orang atau tim yang benar-benar profesional karena disinilah akan dilihat kompetensi calon Bawas dan direksi.

“Tes UKK sudah mengarah pada teknis penguasaan pengelolaan BUMD , apakah itu manajemen perusahaan atau pengelolaan keuangan daerah maka disinilah akan dilihat bagaimana rencana bisnis yang akan mereka jalankan.” Beber Sutomo bersama awak media di ruang Fraksi PKB, Selasa (23/03).

Sutomo juga menyampaikan jangan sampai nanti ada kesan yang menduduki direksi BUMD orang-orang titipan makanya dari awal DPRD Kaltim telah menyampaikan agar BUMD dikelola secara professional dan diisi oleh orang yang betul-betul kompeten yang memiliki visi misi bisnis, memiliki penguasaan pengelolaan keuangan daerah supaya ada balance.

“Semua harus balance karena Perusda ini mencari uang tapi tapi bukan murni untuk kegiatan usaha tapi ada investasi daerah sehingga harus juga dinikmati masyarakat, hal inilah yang harus dimiliki pimpinan direksi nantinya.” Jelas Sutomo.

Kedepannya Komisi II akan memanggil tim tersebut untuk bertanya tahapannya serta mengenai output yang dihasilkan, ini akan menjadi pertimbangan anggota DPRD terutama komisi II dalam hal bugeting kedepannya, agar hasil pemilihan itu bisa cukup meyakinkan membawa perusda kedepannya.

“Oleh karena itu apabila Dewas atau direksi betul-betul diyakini bisa menakhkodai pimpinan Perusda maka tentu saja investasi atau penyertaan modal bisa di support, karena wewenang DPRD pengawasan, budgeting dan legislasi.” Ungkapnya.

Dirinya mengatakan biarkan seleksi ini berjalan sesuai dengan koridor mari kita awasi bersama termasuk rekan-rekan media ikut memantaunya. (ADV/G-S02)