G-Smart.id Samarinda – Ragam persoalan ketenagakerjaan di Kaltim turut mendapatkan perhatian dari anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir. Terutama yang berkenaan dengan pemberdayaan tenaga kerja lokal. Apalagi di tengah rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim, pemerintah dinilai perlu melihat berbagai persoalan dan tantangan ketenagakerjaan ke depan.

Sebagai wujud keseriusan dia dalam menyuarakan masalah tenaga kerja lokal itu, yakni dengan menyambangi langsung kantor Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI disela-sela kunjungan kerja kedewanannya di Jakarta, Kamis 10 Juni 2021 kemarin.

Pria yang duduk di Komisi II DPRD Kaltim itu menyampaikan, tujuan kunjungannya ke Kementerian Tenaga Kerja agar dapat berdiskusi langsung mengenai kesiapan tenaga kerja lokal yang ada di Kaltim. Mengingat Kaltim menjadi salah satu sentra iklim bisnis dan investasi. Sehingga tenaga kerja lokal perlu menyiapkan diri dalam menyambut terbukanya peluang kerja tersebut.

“Saat ini, Pemerintah Pusat tengah menyiapkan pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kaltim. Artinya, ke depan akan ada banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, Kaltim saya kira perlu menyiapkan diri. Kaltim harus melihat keterbukaan peluang kerja itu,” kata Sutomo Jabir sebagaimana dikutip di akun Facebooknya.

Ketika berjumpa para pejabat di Kemenaker RI, Sutomo Jabir menyampaikan banyak persoalam seputar persoalan ketenagakerjaan di Kaltim. Antara lain, jika saat ini masih ada banyak daerah di Kaltim yang membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu. Sehingga, dibutuhkan adanya program-program pelatihan dari pemerintah pusat bagi tenaga kerja yang ada di Kaltim.

“Saya menyampaikan harapan masyarakat, agar pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja, dapat memberikan perhatian khusus bagi peningkatan kualitas dan mutu sumber daya manusia yang ada di Kaltim. Apakah itu dengan memperbanyak program pelatihan bagi tenaga lokal maupun lewat pembinaan-pembinaan lainnya,” harapnya. (ADV/G-S06)

Spread the love