Sangatta – G-Smart.id – Sebagai ajang seleksi untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Kejuaraan Sirkuit ke I Panjat Tebing tingkat Provinsi Kaltim di Area Panjat Tebing Bukit Pelangi Sangatta, Sabtu (5/4/2022) pagi.

Dihadapan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman dan undangan lainnya, Ketua FPTI Kaltim Misbachul Choir mengatakan kejuaraan ini harus dilakukan sebagai ajang seleksi untuk memilih atlet yang akan diikutsertakan dalam Kejurnas pada 23 sampai 27 Maret 2022 mendatang.

“Alhamdullilah, walaupun mendadak Kutai Timur daerah yang siap untuk melaksanakan seleksi Kejuaraan Sirkuit ke I Panjat Tebing tingkat Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya sekaligus membuka kejuaraan ini menyampaikan fasilitas panjat tebing ini sudah ada sejak 2007 dan sampai sekarang masih terjaga fasilitasnya dengan baik.

“Artinya, Kutim menjadikan panjat tebing ini salah satu arena yang memungkinkan untuk terus memberikan kepada atlet untuk berkembang, berlatih dan mengasah keterampilan,” beber Ardiansyah.

Dirinya berharap nantinya akan muncul atlet-atlet yang handal untuk Kaltim dan Indonesia. Disampaikan pula beberapa waktu yang lalu dunia dikagetkan melihat atlet puteri Indonesia dikategori speed yang juara ditingkat Internasional.

“Mudah-mudahan akan muncul atlet-atlet yang baru seperti itu. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada FPTI Kutim yang siap menjadi tuan rumah di kejuaran tingkat Provinsi Kejuaraan Panjat Tebing ini,” ucapnya.

Terakhir dirinya berpesan kepada semua atlet untuk mempersiapkan diri pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Berau di bulan November nanti.

“Semoga atlet Kutim yang bertanding di kejuaraan ini dapat mengambil manfaat sambil melihat skill dan keterampilan dari atlet lain sekaligus sharing sesama atlet,” pesan Ardiansyah.

Kejuaraan Sirkuit ke I Panjat Tebing tingkat Provinsi Kaltim diikuti oleh 59 atlet dari 7 Kabupaten/Kota se Kaltim dan melombakan tiga kelas, yaitu Speed World Record, Boulder dan Lead, semuanya untuk putera dan puteri perorangan. (G-S02)

Spread the love