Sangatta – G-Smart.id – Bupati Kutai Timur (Kutim)Ardiansyah Sulaiman meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang lokasinya terletak di jalan AW Syahrani (Kanal 3) Sangatta Utara, rabu (2/2/2022). Laborotorium ini bisa digunakan untuk memeriksa mikrobiologi, kimia maupun klinis seperti pemeriksaan darah terkait fungsi hati dan ginjal bahkan bisa untuk memeriksa kualitas air.

Labkesda yang representatif ini terdiri dari Gedung pemeriksaan laboratorium, Gedung Administrasi dan bangunan pengolahan air limbah, yang luasnya mencapai 745 meter persegi. Gedung ini dibangun melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 dari Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp 6,78 miliar, dengan rincian anggaran pembangunan gedung sebesar Rp4,28 miliar dan alat kesehatan sebesar Rp2,5 miliar.

Peresmian Labkesda ini turut dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, perwakilan Forkopimda, Plt Kadis Kesehatan Provinsi Kaltim Masita, Kepala Labkesda Provinsi Kaltim Agus Djoko Praptono, Kadis Kesehatan Bahrani, Kadis Koperasi UMKM Darsafani dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan Gedung Labkesda ini mempunyai fungsi dan manfaat yang banyak dan mempunyai daya dukung dalam pelayanan publik dari sisi kesehatan.

“Kehadiran Laborotorium ini sesegera mungkin disampaikan kemasyarakat, apakah melalui Diskominfo atau yang lainnya, sehingga bisa cepat diketahui masyarakat dan dimanfaatkan,” pinta orang nomor satu Kutim ini.

Ditambahkannya Pemkab Kutim berusaha pelan tapi pasti memenuhi fasilitas publik untuk masyarakat, setelah hari ini tersedia Labkesda maka bulan depan di RS Kudungga akan tersedia alat untuk melayani cuci darah. Oleh karena itu dibidang kesehatan masyarakat akan merasa terayomi.

“Selamat kepada UPT Laboratorium Kesehatan Daerah beserta jajarannya yang akan menempati gedung baru, semoga semangat kerjanya bertambah dan manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat secara luas,” pesan Ardiansyah (G-S02)

Spread the love