G-Smart.id – Samarinda – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM) menggelar Rapat Paripurna ke-8, Selasa (30/3) di lantai 6 Gedung D DPRD Kaltim. Agenda kali ini adalah pelantikan dan penarikan sumpah jabatan Wakil Ketua DPRD Kaltim sisa masa jabatan 2019 – 2024, Seno Aji dari Fraksi Gerindra menggantikan Andi Harun, yang sebelumnya telah mengundurkan diri dan kini menjabat sebagai Wali Kota Samarinda.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK menyebut Seno merupakan sosok yang bisa bekerja sama, baik dengan unsur pimpinan maupun dengan anggota dewan lainnya dengan prinsip kolektif kolegial. Mantan Bupati Berau dua periode itu optimistis Wakil Ketua DPRD Kaltim teranyar itu bisa mengemben amanah dengan baik.

Lanjut Politisi Golkar Makmur mengatakan dia sebagai ketua juga berbagi tugas dengan wakil ketua yang lain dalam menangani badan-badan, serta komisi yang ada di DPRD Kaltim. Sedangkan Seno, Makmur menyebut akan mengemban tugas untuk menangani Badan Kehormatan (BK).

“Memang beliau sudah tidak lagi menjabat Ketua BK, karena sudah ada gantinya. Tapi sebagai wakil ketua ia tetap menangani,” beber Makmur.

Di tempat yang sama, Seno Aji menyebut ada tantangan yang lebih berat untuk dihadapi para legislator. Menempati posisi baru ini, Seno berjanji akan menjalankan sumpah jabatan yang diucapkannya saat pelantikan.

Diungkapkannya ada beberapa aspek yang perlu jadi perhatian di DPRD Kaltim, terutama yang terkait pemberdayaan UMKM dan kelanjutan pembangunan infrastruktur di Kaltim. Langkah awalnya adalah melakukan pembenahan pada Ibu Kota Provinsi Kaltim Samarinda.

“Tentunya harus ditata lebih rapi, kemudian melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Perdagangan untuk membesarkan UMKM di Kaltim. Itu yang sekarang kami coba dorong agar Pemprov mendata UMKM yang ada,” Tutup Seno Aji. (ADV/G-S05).