G-Smart.id – Balikpapan – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Kabupaten Kota Se-Kaltim di Ballroom hotel Novotel Balikpapan, Kamis (17/06/2021).

Rakorda dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor sekaligus meresmikan launching tiga progam terbaru Diskominfo Kaltim yakni Satu Data Kaltim, e-Magazine “Habar Etam” dan Potcast Ngobrol (pintar dan Ispiratif ( Ngopi Sore).

Dalam sambutan Isran Noor menyampaikan bahwa di era Revolusi 4.0 seluruh elemen masyarakat perlu berkompetisi untuk kemajuan tekhnologi dan informasi, tidak terkecuali Pemerintahan yang juga harus siap dituntut untuk memacu percepatan implementasi kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dari Program yang dijalankan.

“Tidak ada pilihan lain, apa yang dilakukan untuk optimalisasi teknologi saat ini masih tertinggal jauh dibelakang, paling tidak kegiatan hari ini memberikan dukungan penyelenggaraan kegiatan teknologi komunikasi dan informasi di Kaltim,” ujarnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor memukul gong tanda dibukanya Rakorda Kominfo se-Kaltim, kamis (17/06/2021).

Sementara itu Kadis Kominfo Perstik Kutim Suprihanto, CES yang hadir di Rakor tersebut menyampaikan diperlukannya penerapan teknologi digital untuk menujang percepatan program kerja pada masing- masing Bidang, saat ini pencapaian Kominfo Kutim telah  memiliki portal Satu Data Kutim yang telah terintegrasi, pengembangan infrastruktur TIK dan tersedianya layanan informasi berbasis online.

“Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan layanan masyarakat kami fokus pada tiga hal yakni people, infrastruktur dan Proses dengan menyetuh transformasi digital dari literasi terbawah”. jelasnya.

Rapat Koordinasi Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Kabupaten/Kota Se-Kaltim ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tema Rakor kali ini adalah “Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung Kinerja Pemerintah Daerah”.

Rapat ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman dan persepsi yang sama dalam pembangunan guna mensinergikan program kegiatan Kominfo antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. (ADV/G-S02)

Spread the love