G-Smart.id – Sangatta – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Drs H Irawansyah, M.Si menghadiri rapat Koordinasi dan Silaturahmi antara Dewan Pengurus Pusat Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) se Kabupaten/Kota yang dilaksanakan secara virtual di  ruang Video Conference Diskominfo Perstik Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jumat (22/01).

Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa, Pemerintah daerah diharapkan agar terus mengoptimalkan penanganan covid 19 dengan melakukan percepatan pelaksanaan APBD di awal tahun sesuai target dan sasaran yang sudah direncanakan sesuai dengan prioritas utama.

“Penanganan kesehatan fokus pada dukungan pelaksanaan vaksinasi covid-19, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi” jelas Hudori.

Ditambahkannya bahwa harus fokus pada kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk meningkatkan SDM, pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi daerah serta mengoptimalkan strategi pencapaian target kinerja pemda pada setiap perangkat daerah.

“Semua itu harus mempertimbangkan keseimbangan penerima dan pengeluaran daerah melalui penyusunan rencana anggaran kas yang efektif,” ungkapnya.

Selanjutnya, Asisten Deputi Standardisasi Jabatan dan Pengembangan Karier SDM Aparatur, Kementerian PANRB, Aba Subagja dalam arahannya menjelaskan yang pertama pengembangan karir ASN berbasis sistem merit, terdapat 5 survei yang menjadi prioritas utama pengelolaan SDM yaitu pengembangan SDM secara berkesinambungan, merekrut orang yang tepat, pengembangan budaya organisasi, membangun jalur karir dan mengelola talenta.

Selanjutnya yang kedua pengembangan karir ASN dalam Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), dalam pengembangan karir JPT terbagi menjadi dua yaitu untuk PNS (JPT, jabatan administrasi dan jabatan fungsional), Sedangkan untuk PPPK (JPT utama dan Madya Pratama serta jabatan fungsional)

“Yang ketiga Manajemen Talenta ASN dan Pola Karir JPT Nasional,untuk tingkatkan implementasi manajemen talenta ASN dengan membangun komitmen dan kapasitas organisasi, persiapan infrastruktur penyelenggaraan, akuisisi talenta, pengembangan dan retensi talenta, penempatan instansi,” jelas Subagja

Ditemui seusai acara Sekda Kutim Irawansyah mengatakan bahwa poin penting acara ini berkenaan penanganan covid untuk tahun 2021 terutama vaksinasi supaya dapat dilaksanakan dengan baik dan yang kedua berkenaan dengan pelantikan-pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang sudah diseleksi.

“Kita menunggu surat edaran dari Kemendagri dan kita diminta untuk menyampaikan saja untuk persetujuannya” ujar Irawansyah. (G-S02)

Spread the love