G-Smart.id – Sangatta Selatan – Vaksinasi Covid 19 untuk ibu hamil diharapkan dapat membentuk kekebalan tubuh (herd immunity). Ibu hamil memiliki sistem imunitas yang rendah sehingga tidak menutup kemungkinan akan terpapar virus Covid-19. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut saat ini Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan dan mitra lainnya semakin giat memberikan vaksinasi Covid 19 untuk ibu hamil.

Vaksinasi Covid 19 kembali digelar untuk ibu hamil di BPU Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan, kamis (7/10/2021), sekitar 30 orang ibu hamil di wilayah Puskesmas Sangatta Selatan telah mendapatkan vaksinasi. Pelaksanaannya di lakukan secara bertahap di satu kelurahan dan tiga desa di Sangatta Selatan, termasuk Desa sangkima.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua IV TP-PKK Kutim, Hj.dr.Aisyah.M.Kes, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), perwakilan dari IBI Kutim dan Ketua IBI Ranting Sangata Selatan, pihak Kecamatan, Kepala Puskesmas Sangatta Selatan, PLKB, Babinsa, dan tim vaksinator.

Vaksinasi yang digelar di BPU Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan untuk ibu hamil, kamis (7/10/2021)

Dalam kesempatan ini dr. Aisyah menyampaikan bahwa vaksinasi covid-19 aman untuk ibu hamil. Sementara itu di tempat terpisah, dr.Rahmad L, Sp.OG ( POGI ) selaku koordinator vaksinasi Covid -19 pada ibu hamil wilayah Kutim mengingatkan tim untuk selalu melakukan penapisan pada ibu hamil dengan persyaratan yang telah di tentukan.

“Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil harus terus di tingkatkan agar angka kematian ibu dan bayi serta anak dapat di hindari,” ujarnya.

Satu hal yang perlu di pahami bersama bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi ( AKB ) menjadi tolak ukur status kesehatan suatu daerah termasuk kematian karena Covid-19. (G-S02)