G-Smart.id – Sangatta – Dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 yang diperingati secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 dengan melakukan pelayanan KB gratis dengan target sejuta akseptor, dari jumlah itu Kutai Timur (Kutim) menargetkan 2.200 akseptor. Dengan mengusung tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” menjadi momentum peningkatan kualitas keluarga dan anak dalam  mencegah stunting.

Di Kutim peringatan Harganas ke 28 ini melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dilaksanakan di Klinik Triana Nur Sangatta Utara. Acara yang berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan ini  dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj Tirah Satriani, SE,MM,  Kadis PPKB dr Setiadi Halim, Ketua Cabang 6 Korcab XIII DJA II Lanal Sangatta, Ny. Gema I Komang Nurhadi, perwakilan Kodim 0909 Sangatta Kapten Inf Arif Sapardiyanto, Camat Sangatta Utara Basuni, Ketua IBI Kutim Triana Nur, S, Tr,Keb,  perwakilan ranting IBI Kecamatan, Dharma Wanita Kutim dan stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya Kadis PPKB dr Setiadi Halim menyampaikan bahwa penetapan Harganas merupakan komitmen Pemerintah dalam upaya pembangunan SDM yang berdaya saing melalui keluarga yang berkualitas agar kesejahteraan masyarakat makin meningkat.

Ditambahkan Setiadi, generasi penerus bangsa harus tumbuh dalam keadaan sehat , cerdas, kreatif dan produktif, namun yang terjadi di Indonesia berdasarkan riset menunjukan penurunan pravelensi stunting balita ditingkast Nasional sebesar 6,4 persen selama lima tahun ini.

“Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan program keluarga berencana untuk mengatur kehamilan, menjaga kesehatan dan menurunkan kematian ibu, bayi dan anak. Meningkatkan akses dan informasi, pendidikan, konseling, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan reproduksi,” ujar Kadis PPKB ini.

Sementara itu dalam sambutannya ketua IBI Kutim Triana Nur, S, Tr,Keb menyampaikan ucapan terima kasih karena kegiatan KB Gratis ini sangat didukung  berbagai pihak terkait, seperti TP PKK Kutim, Dinas PPKB, Dinas Kesehatan dan tim dari Kodim 0909 Sangatta dan lainnya. Dikatakan Triana Bidan merupakan ujung tombak dilapangan, karena disemua Kecamatan dan Desa untuk semua pelayanan adalah bidan.

“Jadi kami terharu dan bangga menjadi bidan dan mohon pimpinan yang ada semua wilayah titip teman-teman bidan dilapangan,” tutur Triana.

Sementara itu dari perwakilan Kodim 0909 Sangatta Kapten Inf Arif Sapardiyanto turut menyampaikan keikutsetaan TNI dalam kegiatan ini bukan serta merta mendadak akan tetapi memang sudah lama yang dilalui pimpinan pusat TNI melalui BKKBN Pusat dan Panglima TNI untuk melakukan kerjasama.

“Dari pimpinan melibatkan kami semua, khususnya satuan Kodim Kutim sudah memaksimalkan keterlibatan Babinsa ditiap Desa untuk selalu berkoordinasi kawan-kawan petugas penyuluh lapangan untuk mengadakan sosialisasi agar pelaksanaan KB ini mencapai target,” ungkap Pasiter Kodim 0909 Kapten Inf Arif Sapardiyanto.

Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj.Tirah Satriani, SE, MM saat melakukan pemotongan tumpeng di acara peringatan Harganas ke 28, kamis (24/06/2021)

Sedangkan Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj Tirah Satriani, SE,MM yang ditemui usai acara mengatakan peringatan Harganas ke 28 ini dengan melakukan pelayanan KB serentak di Fasilitas Kesehatan yang ada diwilayah Kutim, dirinya mengharapkan semua masyarakat di Kutim bisa mengerti pentingnya melakukan KB.

“Dengan ber KB menjadi salah satu upaya untuk mencegah stunting agar masyarakat Kutim menjadi  lebih baik,” harapnya.

Acara peringatan Harganas ke 28 di Kutim ini dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan mengunjungi fasilitas kesehatan yang ada di Klinik Triana Nur . (ADV/G-S02)