G-Smart.id – Sangatta – Di era digital sekarang ini video merupakan sarana publikasi yang efektif di masyarakat dalam menerima informasi. Apa yang akan disampaikan bisa dipublikasikan melalui media dalam bentuk video. Termasuk informasi atau himbauan terkait protokol kesehatan maupun vaksinasi.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kreatifitas pemuda atau komunitas sineas di Kutim, DPD KNPI Kutim menggelar lomba video kreatif dalam rangka HUT RI ke 76 dengan mengusung tema Protokol Kesehatan (Prokes) dan Vaksinasi Covid 19 yang berlangsung 2 – 5 Agustus 2021 yang lalu.

Bertempat di ruang Meranti, Kantor Bupati, senin (30/08/2021) dilaksanakan penyerahan hadiah bagi pemenang juara I, II dan III pada lomba video kreatif tersebut. Penyerahan hadiah untuk juara I diserahkan oleh Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman, juara II diserahkan oleh Wabup Kasmidi Bulang sedangkan Juara III diserahkan oleh Ketua Panitia Eka Ayu.

Untuk juara I diraih oleh @cerita_sangattaku dengan tema video “Merdeka Dalam Pandemi”. Juara II di rebut @rendyjs dengan tema video “Dari Kita Untuk Indonesia” dan juara III disabet @scoutsquad78 dengan tema video “Lawan COVID-19”.

Ditemui seusai acara Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada KNPI Kutim karena dalam rangka perayaan HUT RI ke 76 dengan segala keterbatasan karena masih dalam kondisi Covid 19 mampu menunjukan kreatifitas dengan teknologi di era digital sekarang ini.

Dirinya menambahkan ini hanya segelintir yang menunjukan kreatifitas, diharapkan lebih banyak lagi anak-anak yang berkreasi, tinggal diberikan ruang dan mereka yang memunculkan kreasi.

“Diharapkan kedepannya nanti kreasi-kreasi akan lebih meningkat dan diberikan tema yang lain dengan durasi video yang sedikit lebih menantang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Ketua DPD KNPI Kutim Felly Lung mengatakan DPD KNPI bersama panitia menentukan tema Prokes dan Vaksin dalam lomba kreasi video ini tentunya ingin mengedukasi masyarakat melalui sarana video atau film kreatif agar bisa mematuhi protokol kesehatan dan memberikan pesan pentingnya vaksin Covid 19.

“Sasarannya anak-anak muda yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) bisa memberikan energi positifnya dalam memaparkan informasi terkait Prokes dan Vaksin Covid 19,” beber Felly.

Ditambahkan Felly, peserta yang mengikuti lomba ini ada 13 film, semua peserta diberikan sertifikat penghargaan dan untuk pemenang I, II dan III diberikan uang pembinaan.

“Untuk penilaiannya bekerjasama dengan Borneo Kreatif dan Kelas Sinema. Teman-teman yang memiliki latar belakang dan kemampuan terkait didunia perfilman di Sangatta,” ungkapnya.

Selain penyerahan hadiah lomba video kreatif, acara ini juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan nelayan 100 Box tempat penyimpanan ikan. (G-S02)