Kukar – Berbagai dukungan dan perhatian terhadap keberhasilan Desa Pela di kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kaltum yang berhasil masuk peringkat 50 besar desa wisata terbaik dari 3.416 peserta desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Kali ini dukungan tersebut datang dari Anggota DPRD Kaltim, Salehuddin.

“Saya sangat mengapresiasi Desa Pela atas peraihannya menjadi Desa Wisata Terbaik. Ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh desa wisata lainnya yang ada di Kukar,” ujar Legislator Karang Paci Asal Dapil Kukar itu, saat ditemui di kediamannya, baru-baru ini.

Desa itu juga menjadi satu-satunya wakil dari provinsi Kaltim, pada event yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Kita harus apresiasi setinggi-tingginya karena Desa Pela berhasil masuk 50 besar nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini juga, menyoroti agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar juga harus memberikan dukungannya terhadap peningkatan wisata di wilayahnya. Terutama Desa Pela tersebut membangun wisata tersebut dari nol. Terlebih, Pembangunan infrasturuktur wisata tersebut, dibangun karena adanya kesadaran warga setempat. Sehingga, belum adanya sentuhan dan perhatian yang lebih bagi Pemkab Kukar terhadap desa-desa yang juga memiliki potensi terhadap peningkatan pariwisata di Kukar.

“Jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola. Tentu Pemkab melalui Dinas Pariwisata tentu tidak tinggal diam akan hal ini. Semua pasti sinergi mendukung dan melengkapi kekurangan yang ada,” tutupnya. (G-S01)