SANGATTA – Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi JAGA.ID yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk para satuan pendidik mendapat apresiasi dan sambutan yang baik Kepala Sekolah SDN 001 Sangatta Utara Tri Agustin Kusumaningrum, Jumat (11/11/2022) di Hotel Kutai Permai, Sangatta Selatan.

Penguatan pengetahuan anti korupsi kepada para tenaga pendidik diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai sikap anti korupsi kepada setiap anak didik. Pendidikan Anti Korupsi tersebut dilatar belakangi oleh 9 karakter yang diharapkan.

“Diantaranya jujur, disiplin, bertanggung jawab, adil, berani, peduli, pekerja keras, mandiri dan sederhana,” tutur Tri Agustin.

Kesembilan karakter tersebut lanjutnya, diajarkan oleh satuan pendidikan kepada anak didik sejak dini baik melalui pembelajaran ataupun kegiatan yang terintegrasi dalam mata pelajaran ataupun ekstrakurikuler dengan pendidikan anti korupsi.

Dirinya menambahkan korupsi itu tidak hanya berupa uang, oleh karena itu harapannya, anak didik di setiap satuan pendidikan sejak dini dapat memiliki karakter peduli dan karakter menolak segala bentuk korupsi.

“Korupsi itu tidak hanya berupa uang ya, bisa korupsi waktu, oleh karena itu saya sangat apresiasi sekali kegiatan ini bahkan sampai ada monitoring serta evaluasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui sisialisasi Jaga.id ini di ikuti 188 peserta yang terdiri dari para Kepala Sekolah dan operator Jaga.id dari jenjang sekolah dasar dan jenjang sekolah menengah pertama yang narasumbernya dari Kejaksaan Negeri Kutim. (ADV/G-S09)