G-Smart.id – Sangkulirang – Pulau Miang yang berada diperbatasan lepas perairan Kecamatan Sangkulirang dijadikan sebagai program Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Lanal Sangatta, keberadaan KBN sebagai wadah masyarakat menyalurkan aspirasi dan keluhan serta untuk mewujudkan masyarakat pesisir yang tangguh untuk mendukung pertahanan dan keamanan nasional sudah mulai diwujudkan, hal ini ditunjukan dengan tersedianya berbagai macam kebutuhan dasar untuk mendukung KBN tersebut.

Disampaikan oleh Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T.,M.Tr.Hanla.,M.M bahwa Lanal hanya sebagai penghubung dengan potensi disekitar, baik Pemerintah maupun swasta guna mensinergikan program sehingga potensi yang ada di Pulau Miang dapat dioptimalkan. Namun yang terpenting adanya dukungan dari masyarakat.

“Alhamdulillah pelan-pelan kita sudah komunikasikan, kemaren sudah kita jadikan Rumah Baca yang tadinya gudang, selain itu Diskominfoperstik Kutai Timur (Kutim) telah memasang perangkat komputer dan jaringan internet (V-Sat) di Pulau Miang dan dalam waktu dekat adalah program litetasi digital.” jelas Danlanal. Senin (14/02021).

Ditambahkan Danlanal, saat ini sudah waktunya menghadapi tantangan zaman bahwa teknologi tidak bisa kita hindari harus kita kejar dan kita hadapi, nanti di Rumah Baca ada sarana komputer internet dan manfaatkan itu sebaik mungkin, buka wawasan, buka mata, buka telinga.

“KBN ini bukan hanya pembentukan infrastruktur saja tetapi pembentukan karakter daripada SDM itu sendiri, ” ungkap Danlanal.

Sementara itu Camat Sangkulirang Rahmad mengatakan sebagai pemerintah kecamatan menyambut baik program ini, mengingat pulau Miang ini masyarakatnya penghasilannya dengan melaut, walaupun demikian, SDM masyarakat pulau Miang ini luar biasa di dalam membangun Kutim dan Provinsi Kalimantan Timur, karena banyak putra daerah yang lahir di Pulau Miang ini menjadi salah satu penentu kebijakan di Pemerintah.

Ditambahkannya dengan adanya KBN ini mungkin pemukiman yang di pesisir pantai nanti akan di cat, mungkin warna warni atau satu warna. Bantuan cat tersebut melalui perusahaan PT. Indexim yang sekarang sedang proses.

“Selain itu pada nanti pada malam hari akan ada lampu hias jadi terlihat indah dan cantik, ini akan di bantu oleh PT. GAM.” beber Rahmad.

Ditempat yang sama, Kepala Balitbang Zubair yang hadir pada acara tersebut dalam sambutan mengatakan mendukung penuh rencana pembentukan KBN di Pulau Miang, dirinya menilai view pulau Miang ini luar biasa dan ini harus masuk ke dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah, karena kalau sudah masuk dalam dokumen resmi pemerintah daerah maka konsekuensinya harus dijalankan dan syukur jika bisa masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sekarang dalam proses penyusunannya.

“Point pentingnya pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Penataan kawasan, pengembangan ekonomi masyarakat, dan menambah daya tarik kawasan harus bersinergi dan dilakukan secara serius oleh semua pihak. ” ungkap Zubair. (ADV/G-S02)