G-Smart.id – KONGBENG – Wakil Bupati H Kasmidi Bulang menghadiri pesta panen padi “Mecaq Undat” di Desa Marga Mulia, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jum’at (30/4/2021).

Setiba ditempat acara Lamin Adat Desa Marga Mulia, Wabup yang turut didampingi isteri Ny Tira Santriani Bahar, disambut hangat oleh Kepala Adat Desa Marga Mulia Kebing Kawing serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan kedepan semua Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bakal diminta untuk membuat program tahunan, terkait kegiatan adat dan Budaya. Untuk menginventarisasi kegiatan adat dan budaya yang ada di Kutim, sehingga bisa dikenal masyarakat luar.

Apabila nanti sudah terekspos hingga diluar, sambung Kasmidi, diharapkan bisa mendatangkan wisatawan ke Kutim yang tentunya berimbas pada pendapatan masyarakat setempat.

“Setelah lebaran nanti kita rencana akan ada Rakor atau Rapat Kerja khusus, untuk memabahas kegiatan adat dan budaya yang berkaitan dengan pariwisata. Nanti saya minta setiap Kecamatan membuat program tahunan, seperti kegiatan kita hari ini Mecaq Undat,” kata Kasmidi didampingi istrinya Tirah Satriani Bahar.

Dikatakan Wabup, Pemerintah komitmen untuk mendukung program kegiatan adat dan budaya untuk melestarikan beragam budaya di Kutim. Dukungan itu bisa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutim.

“Walau sepenuhnya tidak dapat dibiayai melalui APBD, Pemerintah bakal mencari solusi dengan melibatkan stakeholder yang ada. Agar program – program kegiatan adat dan budaya di Kutim bisa dikemas dengan baik,” jelasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, Pemkab mengapresiasi kepada semua lembaga adat dan semua tokoh-tokoh masyarakat, tokoh budaya, yang sampai pada saat ini mempertahankan adat istiadat dan budaya – budayanya. Karena ini (kegiatan budaya) yang akan mengangkat nama Kutim. (ADV/G-S04)