G-Smart.id – SANGATTA – Dalam upaya memaksimalkan promosi wisata, Anggota DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh meminta seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur memiliki cirikhas masing-masing.

Baik dalam kemampuan mengelola UMKM, oleh-oleh khas, panganan, hingga kerajinan tangan. Mengingat seluruh aspek itu dapat membantu memasarkan pariwisata daerah. Bahkan mampu menopang perekonomian.

“Ternyata Kaltim salah satunya Kutim mempunyai potensi alam yang sangat mendukung pengembangan wisata. Nah kita harus punya kemampuan yang tidak dimiliki daerah lain,” pinta perempuan berjilbab itu.

Bermodalkan data lengkap dan valid, pariwisata yang sudah teruji mampu jadi panduan terbaik. Ia mencontohkan Karts Mangkalihat Sangkulirang yang memiliki cirikhas tersendiri. Kata dia itu merupakan aset modal terbesar yang dilirik mancanegara, dalam hal ini Unesco. Cadas telapak tangan peninggalan sejarah, diketahui merupakan warisan tertua di dunia.

“Kita harus sadar kondisi, walau pun kita belum bisa seperti wisata yang maju, tapi kita mesti giat supaya melejit. Apa lagi kita punya modal besar, kembangkan potensi ciri khas kita yang ada di dunia,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurutnya jika dibandingkan dengan kabupaten kota lain, di Kaltim sendiri menurutnya telah memiliki beragam pendongkrak pengembangan pariwisata.

“Industri, cinderamata, kuliner di tempat wisata mesti dirunut satu-satu. Galakkan satu cirikhas, saya yakin pasti tidak kalah dengan Bali dan Jogja. Kembangkan terus ide dan inovasi supaya bisa mengusulkan anggaran,” kata dia.

Jika telah mengoptimalisasi daya tarik wisata, saatnya Kutim fokus pada makanan khas. Ia harap pengembangan produk dapat menjadi skala fokus.

“Misalnya di Kutim sudah ada amplang batu bara, nah itu bagus untuk diperbaiki kualitas atau kemasannya yang menarik, itu jadi khas, kalau kita lihat sudah tahu dan itu identik khas Kutim,” terangnya. (ADV/G-S03)