SANGATTA – Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) dari Fraksi PDI Perjuangan, Faisal Rahman, meminta Pemkab Kutim bisa mengarahkan sebagian dana Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang beroperasi di hampir 18 Kecamatan yang ada, permintan tersebut di maksudkan, untuk membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama bagi Pendidikan Dasar (Dikdas) hingga jenjang kuliah.

“CSR kan, sifatnya tidak terikat dengan APBD, jadi biar tiap tahun dikucurkan juga nggak jadi masalah,“ ucapnya, jumat (10/6/2022).

Pemerintah Daerah, sambung Faisal, tidak bisa sepenuhnya terus mengandalkan APBDnya untuk pembiayaan pendidikan, walaupun secara porsi anggaran, mereka mendapatkan alokasi khusus, yakni sebesar 20 persen dari keseluruhan APBD. Selain itu, adanya CSR juga menjadi bukti tanggung jawab yang harus di berikan oleh pihak swasta (Perusahaan) kepada masyarakat di sekitar wilayah usahanya.

“Nah, kalau ini (CSR) terus di dorong oleh Pemerintah, saya yakin mereka (Perusahaan) pasti akan menerima,“ ucapnya. (G-S08).