G-Smart.id – Sangatta – Saluran irigasi merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam sektor pertanian persawahan, karena dengan saluran inilah yang mengalirkan pengairan untuk tanaman padi.

Namun menurut Rezky Kurniawan salah satu warga yang juga bersawah di Sangatta Selatan ada persawahan yang memiliki luas ± 100 hektar yang terbagi atas dua kelompok Tani namun memiliki masalah saluran irigasi persawahannya yang kurang memadai.

“Saluran irigasi persawahan yang ada saat ini sangat tidak memadai untuk melakukan kegiatan pertanian, selain kecil juga saluran irigasi dangkal, malah ada rusak sebagian saluran irigasinya” Ujar Rezky kepada G-Smart.id, Selasa (09/02).

Dijelasakannya saluran irigasi ini di gunakan oleh dua kelompok tani yaitu kelompok tani Bina Karya dan kelompok tani Sumber Makmur, mereka sangat mengharapkan sentuhan dan perhatian baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk secepatnya membenahi saluran irigasi ini.

Irigasi di lahan persawahan kelompok tani Bina Karya dan Sumber Makmur

“Dengan dibenahinya saluran irigasi tentu mendorong semangat para petani dan semoga mampu menghasilkan panen padi yang melimpah di wilayah ini.” harapnya. (G-S02).

Spread the love