G-Smart.id – Muara Wahau – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutai Timur (Kutim) melaksanakan pelayanan KB gratis bersama Mitra Kerja, hal ini sejalan dengan momentum peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dan Hari Vasektomi Sedunia serta pelayanan kemitraan bersama TNI melalui TMKK dan Kesatuan Gerak PKK yang di laksanakan di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kutim.

Berkaitan hal tersebut dilakukan pelayanan KB MKJP dan sosialisasi vasektomi di Kecamatan Muara Wahau, senin (11/10/2021) di Faskes Wahau 1 dan Faskes Wahau 2. Dalam kegiatan ini turut dihadiri Kepala BKKBN Kaltim Drs. H. Muhammad Edi Muin, Kabid KB BKKBN Kaltim dr. Yuliana, Ketua IBI Kutim Triana Nur, S, Tr,Keb, Ketua IBI Kecamatan dan PKK Kecamatan.

Seusai dilakukan kegiatan di Faskes 1 dan 2 Muara Wahau kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi PT. Swakarsa Sinar Sentosa untuk melakukan sosialisasi vasektomi dan KB MKJP. Yang menjadi narasumber di sosialisasi tersebut Kabid KB BKKBN Kaltim dr. Yuliana.

Pelayanan KB Gratis di Faskes Muara Wahau, senin (11/10/2021)

Menurut Kadis DPPKB Kutim dr. Setiadi Halim melalui Kabid Keluarga Berencana (KB) Mustika, SE, MAP, kenapa PT. Swakarsa Sinar Sentosa dikunjungi karena cakupan untuk ber KB nya cukup tinggi di perusahaan tersebut.

” Di PT. Swakarsa Sinar Sentosa target 150 orang untuk MKJP maupun non MKJP,” ungkap Mustika.

Klinik Pratama di PT Swakarsa Sinar Sentosa Muara Wahau

Ditambahkannya pihak perusahaan ini sangat mendukung kegiatan yang telah dilakukan, termasuk program pusat Bangga Kencana khususnya untuk mencegah stunting.

“Mereka sadar upaya ber KB ini untuk mencegah stunting agar anak sehat, keluarga sehat dan perusahaan sehat juga,” ujarnya

Terakhir Mustika menuturkan untuk target Kutim pada pelayanan KB dan kesehatan reproduksi bersama mitra kerja di tahun 2021 sebanyak 6954 orang. (G-S02)