Samarinda, G-Smart.id – Untuk memasyarakatkan gerakan diverifikasi pangan mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan di Kaltim, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim dengan TP- PKK Kaltim menggelar Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kaltim 2021.

Acara dihadiri Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor, Wakil Ketua TP PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi, Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota se Kaltim, serta pimpinan OPD dan pelaku UMKM serta anggota PKK se Kaltim, Kamis (21/10/2021) di Gedung TP PKK Provinsi Kaltim.

Dalam acara Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kaltim 2021 ini turut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumarjana dan Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Ny Siti Robiah.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutim berhasil memperoleh dua penghargaan dalam lomba itu.

Dua penghargaan tersebut yaitu, juara 2 untuk kategori produk olahan pangan lokal komersial dan juara 3 untuk kategori paket lunchbox B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Penyerahan penghargaan itu diserahkan, Ketua TP PKK Provinsi Kaltim di Gedung, TP PKK Provinsi Kaltim, Kamis (22/10/2021).

Kepala Dinas Ketahana Pangan Kutim Sumarjana, melalui Kepala Seksi Promosi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Sri Yanti menjelaskan, pemenang pada lomba Produk Olahan Pangan Lokal Komersial dalam Kemasan, diperuntukkan bagi Dinas yang menangani pangan yaitu Dinas Ketahanan Pangan.

“Sedangkan untuk lomba paket lunchbox B2SA di peruntukkan untuk ibu-ibu TP PKK, terutama pada Pokja 3. Untuk lomba peserta mewakili Kutim, dari TP PKK Kecamatan Sangkulirang,”ungkap Sri

Lebih jauh, Sri Yanti menambahkan, Produk Olahan Pangan Lokal Komersial dalam Kemasan yang dipamerkan pada Festival itu, merupakan produk olahan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Kutim. Yakni, Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, Kaliorang, Kaubun, Sangkulirang, Karangan, Muara Wahau, Batu Ampar.

“Adapun produknya, olahan yang terbuat dari umbi-umbian. Seperti singkong, talas, pisang dan sejenisnya,” ungkap Sri.

Untuk diketahui, Pemenang Festival Pangan Lokal untuk kategori Paket Makan Siang (Lunchbox B2SA) dengan peserta Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se Kaltim, yakni juara 1 diraih Berau, juara 2 diraih Balikpapan dan juara 3 diraih Kutai Timur. Sedangkan Harapan satu, dua dan tiga diperoleh Samarinda, Paser dan Bontang. Untuk kategoti inovatif diraih Kutai Kartanegara, penampilan terbaik Kutai Barat, komersial Penajam Paser Utara dan kreatif diterima Mahakam Ulu.

Sementara kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial dalam Kemasan, juara 1 diraih Paser, juara 2 Kutai Timur dan juara 3 Balikpapan. Juara Harapan 1, 2 dan 3 diperoleh Bontang, Kutai Kartanegara dan Mahakam Ulu. Juara kategori Inovatif oleh Samarinda, Penampilan Terbaik Kutai Barat, Komersial Berau dan Kreatif diraih Penajam Paser Utara. (G-S04)