Sangatta, G-Smart.id – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki banyak potensi alam dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu kelebihan objek-objek wisata di daerah ini karena keasliannya masih sangat terjaga.

Untuk lebih mengenalkan potensi alam yang dimiliki Kutim, sekaligus dalam rangkaian momen Hari Sumpah Pemuda, sejumlah organisasi pemuda komunitas pecinta alam yang tergabung dalam Visit Kutim akan mengadakan kegiatan Camping Pemuda yang rencananya akan dilaksanakan selama dua hari di Dermaga Kenyamukan Sangatta dari tanggal 23-24 Oktober 2021.

Terkait kegiatan tersebut, salah satu panitia pelaksana, Ibnu Mahaddir mengatakan tujuannya agar kekayaan alam dan budaya di Kutai Timur lebih dikenal masyarakat luas. Di momen Sumpah Pemuda ini, diharapkan komunitas pencinta alam memiliki kesamaan visi dan misi serta selaras dengan satu tujuan.

“Diharapkan kedepannya Kita bisa sama-sama mengeksplorasi budaya dan pariwisata yang ada di Kutim, agar lebih dikenal, hingga ke mancanegara,” ucap Ibnu pada sesi jumpa pers di halaman kantor Disway Kaltim Biro Kutim, Kamis (21/10/2021) malam.

Sementara itu disampaikan oleh Bendahara Panitia Pelaksana, Rina Azzahra bahwa kegiatan ini selain melibatkan pemerintah dan para komunitas pencinta alam juga menggandeng DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutim.

Di tempat yang sama, Ketua DPD KNPI Kutim, Felly Lung mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan rekan-rekan komunitas yang tergabung dalam Visit Kutim.

“Dalam hal ini KNPI ikut berkolaborasi dengan kegiatan yang dimotori oleh teman-teman Visit Kutim,” pungkasnya.

Ditambahkan Felly, selaku Ketua Organisasi Kepemudaan, dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan kesan positif, terutama untuk Kabupaten Kutai Timur.

“Kami (KNPI) berharap, semoga kegiatan ini bisa memberikan kebanggan tersendiri dan dapat mengeksplorasi pariwisata yang ada di Kutim,” ujar Felly.

Kegiatan Camping Pemuda rencananya diikuti berbagai komunitas, yaitu MTMA Kutai Timur, Cerita Sangattaku, Abunawaz Team Trip, Heung Wehea, Explore Wehea, Dream Boys, Abbp Sangatta dan Sangatta Backpacker. (*)