Samarinda –  Bertempat di Hotel Blue Sky Balikpapan (16/4), Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltim paparkan capaian kinerja Tahun 2020 dihadapan wakil ketua Pansus Rusman Yakub bersama Anggota Pansus dalam Rapat Dengar Pendapat terkait LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Gubernur Kaltim.

Terkait dengan sektor pariwisata, Pansus menanyakan tentang dampak pandemi pada sektor pariwisata, program unggulan, sinkronisasi kegiatan dengan pihak-pihak terkait & Kabupaten/ Kota dan keterkaitan UKM & pariwisata.

Dispar yang wakili langsung oleh Kepala Dinas Dra. Sri Wahyuni, MPP secara lugas menyampaikan bahwa kegiatan penghitungan dampak ekonomi sektor pariwisata melalui Nesparda tahun 2020 ditunda karena refokusing anggaran, namun kegiatan tersebut akan dilaksanakan Tahun 2021 berikut penghitungan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB dengan komponen yang diperluas serta nilai tambah Ekraf.

Sri Wahyuni menambahkan, Sinergi Program/ Kegiatan dengan para pihak termasuk Kab/ Kota dilakukan melalui kegiatan rembuk wisata Kaltim, Forum perangkat daerah, serta Rakornis Pariwisata. Meski dalam proses penetapan Perda, info tentang kawasan strategis dan kawasan pengembangan pariwisata kaltim berikut DTW (Destinasi Tujuan Wisata) di dalam kawasannya telah disampaikan ke Dinas PU & Dinas Perhub untuk Cascading.

Pada paparan tersebut Sri Wahyuni juga memaparkan bahwa terkait UKM, tidak semua UKM adalah pelalu Ekraf. Dinas Pariwisata melakukan peningkatan pelaku Ekraf sub sektor Kriya dan Kuliner dan tetap berkoordinasi dengan Disperindakop, Dekranasda & Asosiasi terkait.

“Adapun program unggulan pariwisata mengacu pada Dedicated program (unggulan) Gubernur yakni Pariwisata Berbasis Kerakyatan dan Pengembangan Tiga Danau”, Ujar Sri Wahyuni seraya menutup paparan capaian kinerja tahun 2020.

Rapat Dengar Pendapat terkait LKPJ Gubernur Kalimantan Timur kali ini diikuti oleh Dispar, DPMPD, DPMPTSP dan Disperindakop Kaltim.

Di akhir pertemuan wakil ketua Pansus menyampaikan apresiasi atas kehadiran para Kepala OPD dan bila masih diperlukan data pendukung akan disampaikan lebih lanjut. (ADV/G-S02).

Sumber : IG Parediseoftheeast