Sangatta, G-Smart.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif terus aktif memberikan penyuluhan tentang pendirian Koperasi guna memberikan wawasan tentang dasar-dasar perkoperasian.

Kamis (4/11/2021) bertempat di Aula Diskop Kutim dilakukan penyuluhan kepada Koperasi Cerdas Amanah Sejahtera SDN 007 Sangatta Utara dengan menghadirkan tiga pemateri yaitu Yusni Ronteng Kasi Pendidikan dan Pelatihan, Linda Dwijana Kasi Ortal dan Pengesahan Badan Hukum serta Murjito staff Kelembagaan.

Dalam sambutannya Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim Darsafani menyampaikan saat ini Dinas Koperasi gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada Koperasi yang baru terbentuk untuk memperhatikan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“RAT ini yang selalu kami tekankan, karena banyak permasalahan-permasalahan Koperasi yang sudah terbentuk tidak melakukan RAT,” ungkap Darsafani.

Dirinya berharap pengurus Koperasi Cerdas Amanah Sejahtera SDN 007 Sangatta Utara ini saat mendengarkan paparan narasumber untuk betul-betul menyimak dan memahami terkait perkoperasian ini.

Pengurus Koperasi Cerdas Amanah Sejahtera SDN 007 Sangatta Utara. 

Sementara itu, disampaikan oleh Indra Nurmala Sari pengurus Koperasi Cerdas Amanah Sejahtera, ini awalnya hanya menjual seragam sekolah tanpa ada Koperasi, baru tahun 2016 dibentuk Koperasi di SDN 007 Sangatta Utara.

“Setelah itu kami berusaha mengembangkan usaha dengan kapasitas lebih banyak lagi selain baju seragam sekolah dengan menambah jenis usaha lain seperti ATK dan lainnya. Modalnya kami melalui iuran pokok dan iuran wajib per bulan kepada anggota,” bebernya. (G-S02).