G-Smart.id-Samarinda- Untik mencegah dan meminimalisir penyebaran virus covid 19 di wilayahnya, para pemuda Batu Lumpang RT.04 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungan sekitar yang dikomandai oleh Guntoro selaku ketua RT.

Menurut Guntoro melakukan penyemprotan disenfektan ini berdasarkan anjuran dari pemerintah daerah terutama arahan dari Kelurahan agar setiap RT melakukan penyemprotan untuk mencegah penyebaran Virus Covid 19.

Guntoro menghimbau kepada masyarakat di wilayahnya untuk tetap mematuhi protokal kesehatan dengan 3 M, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Dikatakannya penyemprotan disinfektan ini hanya mencegah namun yang lebih penting agar masyarakat terutama di lingkungan RT 04 untuk selalu menjaga kebersihan. Kegiatan apapun harus sama-sama saling menjaga diri sendiri dan keluarga.

“Kegiatan yang dilakukan dilingkungan kami ini sangat bermanfaat untuk mencegah penularan covid 19. Lingkungan kami masih zona hijau dari penularan covid, oleh karena itu kita melakukan penyemprotan disenfektan dan ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan penyemprotan”bebernya.

Guntoro, Ketua RT 04 Batu Lumpang Kelurahan Sidodadi Kec. Samarinda Ulu

Selain itu  Guntoro mengatakan kegiatan ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini, sehingga mereka tidak ragu menjalankan ibadah bersama-sama di mesjid.

“InsyaAllah sebelum lebaran nanti kita akan melakukan penyemprotan lagi supaya nanti pada hari lebaran masyarakat bisa silaturahmi seperti tahun-tahun sebelumnya dan saling mengunjungi antar tetangga atau keluarga.” ungkapnya.

Salah satu pemuda batu lumpang M. Apta ZB mengatakan sebegai generasi muda tentunya harus sigap melakukan  antisipasi penyebaran virus ini, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan RT. 04 ini.

“Untuk mencegah terjadinya penularan covid 19, kami para Pemuda harus peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.”tutupnya.(G-S05).