G-Smart.id – Sangatta – Kembali warga Sangatta di buat heboh setelah seekor buaya sepanjang 1.5 meter masuk ke kolam milik Fatimah warga di Gang Bhineka 5 Rt. 47 Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta Utara.

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kutai Timur patut diacungi jempol, selain jago dalam memadamkan kebakaran tapi juga piawai mengevakuasi hewan-hewan liar yang masuk ke pemukiman warga.

Salah satu tim rescue, Saudin menuturkan pihaknya menerima laporan sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa (9/3/2021) dan mengutus dua orang anggota untuk meninjau ke lokasi kolam tempat buaya tersebut.

“Setelah dipastikan memang ada buaya dikolam tersebut, Tim Rescue DPKP mengirim sekitar 10 orang anggota untuk mengevakuasi buaya .” ujar Saudin.

Diceritakannya kronologis penangkapan buaya tersebut dengan terlebih dahulu menguras air kolam dengan menggunakan tiga mesin pompa air untuk mengurangi debet air sekitar dua jam lebih.

“Setelah debet air berkurang kami mencoba menangkap dengan menjeratnya, namun ternyata buaya tersebut masuk ke dalam lumpur sehingga kami tidak bisa menangkap dengan menggunakan jerat.” Bebernya saat dihubungi via telepon.

Proses penangkapan buaya yang masuk ke kolam warga di Gg. Bhineka Teluk Lingga.

Ditambahkannya, akhirnya tim Rescue langsung turun ke dalam kolam untuk menangkap buaya yang bersembunyi didasar kolam itu secara langsung dan buaya berhasil dievakuasi. Buaya tersebut rencananya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim.

Selain berhasil mengevakuasi Buaya yang masuk kekolam warga di Gang Bhineka ini Tim Rescue DPKP dua hari yang lalu, Minggu (7/3/2021) juga telah berhasil mengevakuasi ular sawah yang masuk kerumah warga Hj Nurlina di Perumahan Lembah Hijau Rt 3 Nomor L47 Kelurahan Swarga Bara. (G-S02).