SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman secara resmi membuka Bazar Sangatta Fair yang berlangsung di Pasar Induk Sangatta, minggu (12/6/2022) malam. Pembukaan bazar yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 19 Juni 2022 ini ditandai dengan tabuhan drum oleh Bupati Kutim.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto, perwakilan Kapolres Kutim, perwakilan Lanal Sangatta, Mugo Susilo Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kutim , para Kepala OPD serta undangan lainnya.

Saat memberikan sambutan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bazar ini adalah start pertama untuk membangkitkan dan menggairahkan ekonomi kerakyatan. Diharapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan industri kreatif di Kutim akan terus mengembangkan kreatifitasnya untuk memproduksi apa saja yang bisa diproduksi.

“Silahkan nanti para pengunjung untuk membeli produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dan industri kreatif kita,” pintanya kepada para pengunjung bazar.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan saat mengunjungi stand Bazar Sangatta Fair, minggu (12/6/2022) malam.

Dirinya menyebut kreatifitas anak-anak muda atau milenial Kutim tidak perlu diragukan lagi, oleh karena itu dengan bazar ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan industri kreatif dan perekonomian, meskipun sampai saat ini pandemi Covid-19 masih ada.

Dirinya berharap event seperti akan terus digelar dibeberapa tempat, apalagi bulan ini akan ada agenda  pesta pantai di Sekerat, bulan agustus akan ada pesta di Sangkulirang sedangkan di bulan oktober ada lomba mancing tingkat nasional dan agenda-agenda lainnya.

“Saya berharap di event-event itu para industri kreatif dan UMKM bisa hadir di acara tersebut,” kata orang nomor satu Kutim ini.

Bupati ardiansyah menyebut Kutim adalah Magic Land,  yaitu daerah terindah. Oleh karena itu dirinya memerintahkan agat digelar pesta adat dan pesta budaya dibeberapa tempat untuk menghadirkan UMKM, dengan mempromosikan wisata diharapkan ekonomi kerakyatan di Kutim akan bangkit.

Ketua Bazar Sangatta Fair, Dimas Dimyati (Boim).

Sebelumnya Ketua Bazar Sangatta Fair, Dimas Dimyati atau biasa disapa Boim mengatakan event ini merupakan upaya pemulihan ekonomi  kerakyatan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kutim, PT KPC, KNPI Kutim, Hijaber Comunity dan yang lainnya yang telah mensuport kegiatan ini.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa membangkitkan kembali semangat para pelaku UMKM dan industri kreatif. Selain dari Kutim hadir juga peserta dari Kukar, Samarinda, Bontang,” ujarnya.

Bazar Sangatta Resmi di Buka, Bupati Minta Pengunjung Membeli Produk UMKM dan Industri Kreatif

Dirinya juga merasa senang karena dari target pengunjung 2000 orang, namun dimalam pertama ini saja pengunjung sudah mencapai 3000 an orang, tentu saja ini merupakan hal yang positif dan menjadi pelepas kerinduan masyarakat Sangatta dan sekitarnya untuk kegiatan semacam ini.

“Alhamdillilah ini singnal bahwa ekonomi kreatif kita akan bisa bangkit,” ucap Boim optimis.

Penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati Kutim kepada Perwakilan peserta bazar.

Acara ini juga dirangkai dengan penyerahan simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk para peserta Bazar, karena selama bazar ini berlangsung para peserta akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. (G-S02)

Baca juga : Upaya Pemulihan Ekonomi Kerakyatan, Bazar Digelar di Pasar Induk Sangatta