Muara Bengkal – G-Smart-id – Camat Muara Bengkal, Norhadi mengatakan, terdapat 100 usulan program kegiatan disetiap bidang yang diusulkan pada tahun 2023. Namun pada saat pelaksanaan Pra Musrenbang dikerucutkan menjadi 35 usulan prioritas disetiap bidangnya

Dari tiap bidang, yang paling prioritas adalah masalah jalan. Norhadi berharap, masalah jalan agar di multiyears kan dan setiap desa minimal 2 kilometer cor beton. Untuk masalah air dirinya menyebutkan ada dua desa yang belum teraliri air bersih.

“Dua Desa yang belum teraliri air bersih di Desa Mulupan dan Desa Batu Balai,” katanya, saat Musrenbang di Area Lapangan Sepak Bola Kecamatan Muara Bengkal, Jum’at (11/3/2022)

Terkait masalah pasar, dirinya menuturkan sudah ada bangunan pasar, namun terkendala apabila terjadi hujan karena disekeliling pasar akan tergenang air.

“Oleh karena itu kami minta diuruk atau pengerasan saja, insyaallah akan kami buka pasar tersebut,” pintanya.

Para Kades sepakat terkait masalah sampah, agar dapat dibangunkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga masyarakat tidak buang sampah sembarangan.

“Sudah ada beberapa Desa yang menyiapkan lokasi titik TPA, mohon Dinas terkait untuk membangunkan apa yang menjadi keinginan masyarakat,” ujarnya.

Di Kecamatan Muara Ancalong dalam usulan prioritas di bidang SDM, Pemerintah dan Aparatur sebanyak 35 usulan, bidang Infrastruktur ada 35 usulan dan bidang Ekonomi sebanyak 35 usulan.

Ditempat itu Bupati Ardiansyah mengatakan, sudah memahami apa yang diinginkan masyarakat, yaitu jalan. Oleh karena itu, dirinya sudah memerintahkan Dinas PU mulai tahun ini (2022) merencanakan kegiatan multiyears untuk jalan.

“Jalan yang sudah disemen (cor beton) agar disambung. Untuk jalan penghubung antar Desa koordinasikan dengan Dinas terkait,” ujar Ardiansyah.

Lebih lanjut ditambahkannya, akan memenuhi janji pada saat kampanye yang dulu. Salah satunya masyarakat Muara Bengkal yang ingin mencetak KTP di Kecamatan Muara Bengkal dan tidak perlu jauh – jauhi ke Sangatta.

“Hari ini sudah dilakukan uji coba, pembuatan KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran cukup di Muara Bengkal saja,” pungkasnya.

Terakhir dirinya berharap dalam Musrenbang ini semuanya bersepakat untuk membangun Kutim dan memahami terkait tema pembangunan yaitu Pengembangan Sentra Ekonomi Yang Didukung Pelayanan Publik yang berkualitas.

Sementara itu Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan untuk tahun 2022 Kecamatan Muara Bengkal cukup banyak kegiatan diantaranya pembangunan Rumah Sakit Pratama beserta sarana dan prasarananya dan alat-alat kesehatan, pembangunan lapangan volly, pengadaan peralatan dan perlengkapan olahraga untuk karang taruna.

“Ada juga pembangunan sumur bor, pembangunan tempat wudhu dan toilet, rehab Masjid Muhajjirin dan Mushalla di Desa Muara Bengkal Ulu, untuk bidang pertanian ada juga pengadaan ternak sapi, peningkatan jalan usaha tani dan kegiatan lainnya,” beber Kasmidi. (G-S02)

Spread the love