SANGATTA – Persatuan Angkat Besi, Seluruh Indonesia (PABSI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menemui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutim Basrie di Kantor Sekretariat Pemkab Kutim, Jum’at (19/8/2022).

Dipimpin langsung Ketua PABSI Kutim Rofiqoh Istiharoh yang datang bersama jajaran pengurus PABSI dalam rangka menyerahkan sertifikat mendali Emas PON di Papua 2021 yang berhasil diraih oleh atlet olahraga angkat besi asal Kabupaten Kutim.

“Sertifikat dimaksud diterima oleh Kepala Dispora Kutim, sebagai kelengkapan berkas agar diajukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Kutim. Dimana berkas tersebut akan diteruskan ke BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) selaku Perangkat Darah yang mengurus kepegawaian,” ungkap Rofiqoh, saat dihubungi melalui seluler, Jumat (19/8/2022).

Lebih lanjut Rofiqoh menyebut, Nelly telah mengharumkan nama Kabupaten Kutai Timur ke tingkat Nasional, bahkan internasional dalam ajang Multi olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) Konya Turki, pada 9 Agustus 2022 lalu berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu pada Kejuaraan Dunia itu.

“Selain diangkat sebagai PNS, Pemkab Kutim juga akan memberikan bonus yang akan diserahkan langsung kepada Nelly di Jakarta, yang baru saja pulang dari Turki, dalam ajang ISG Konya Turki,” ucapnya.

Terkait kesiapan mengikuti Pekan Olahraga Tingkat Provinsi (Porprov) yang bakal digelar di Berau pada November mendatang, ia menuturkan saat ini para pelatih secara kontinue mendampingi atlet untuk latihan.

“Untuk menghadapi Porprov di Berau para atlet angkat besi setiap minggu melakukan latihan 4 kali dalam seminggu, yang dimulai dari awal Juli kemarin,” tuturnya.

Diberitakan sebelum, bahwa Lifter putri Indonesia Nelly asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berhasil meraih medali perak dan perunggu di ajang multi olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 Konya, Turki di cabang olahraga Angkat Besi.

Kejuaraan multi ajang olahraga yang diikuti negara-negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di dunia ini berlangsung di Konya, Turki, sejak Selasa (9/8/2022).

Nelly yang turun di kelas 59 kg putri menyumbangkan satu medali perak lewat catatan angkatan clean dan jerk (111kg) dan 1 medali perunggu dari total angkatan (197kg).

Untuk cabang olahraga angkat besi di ajang ISG 2021 ini diikuti 148 atlet (59 putri dan 89 putra) dari 24 negara, sedangkan kontingen Indonesia menerjunkan 87 atlet yang akan berlaga pada 13 dari total 20 cabang olahraga yang dipertandingkan. (G-S04)