G-SMART.ID-KUKAR- Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan kunjungan kerja ke UPTD BBI Pangan dan Tanaman Pangan Holtikultura Batuah Kecamatan Loa Janan Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar), kamis (12/08/2021).

Turut hadir dalam kunjungan Ketua komisi II  Veridiana Huraq Wang dari PDIP, Sekretaris Komisi II Agus Susetyo dari Gerindra) dan anggota komisi II Sutomo jabir dari PKB, Sapto Septya Pramono dan Nindya prasetyo dari Golkar.

Kedatangan Anggota DPRD Kaltim ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Ir.Siti Farisyana.Msi dan didampingi kepala UPTD di lamin Agrowisata Batuah Loa Janan.

Dalam kesempatan ini, salah satu anggota Komisi II Sutomo Jabir berharap Pemerintah serius membenahi pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kaltim, melalui program yang sistematis, terarah, terukur dan berkelanjutan.

“Saya berharap Pemerintah serius menangani pertanian Kaltim mulai dari budidaya sampai penanganan pasca panen,”

Lebih jauh Tomo sapaan akrabnya menyampaikan keluhan masyarakat mengenai langkanya pupuk subsidi dan ketersediaan bibit unggul.

“Kita berada di dekat pabrik pupuk dan petani kesulitan pupuk,” sesalnya

Terkait persoalan pupuk ini dirinya bersama Komisi II berencana melakukan kunjungan ke PT. Pupuk Kaltim untuk berkordinasi mencari solusi persoalan kekurangan pupuk di Kaltim guna mendukung ketahanan pangan.

“Dibutuhkan sinergi semua pihak untuk membangun pertanian di Kaltim, termasuk konstribusi dunia industri,” harap Sutomo Jabir.

Sementara itu Siti Farisyana selaku Kadis Pertanian Kukar memaparkan pihaknya akan melakukan inovasi dalam memajukan pertanian kaltim termasuk menjadikan UPTD Batuah sebagai sentra pertanian berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura.

“UPTD Batuah akan di jadikan sentra pertanian untuk penyediaan bibit unggul, pola bertani yang baik dan bagaimana membuat pupuk secara organik untuk mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia,” ujar Siti Farisyana (GS-01).