SANGATTA – Sebanyak 50 siswa-siswi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang di gagas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) berlangsung di Royal Victoria Hotel, Sangatta Utara, Kamis (01/08/2024) pagi.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya berkeselamatan lalu lintas jalan dan berperilaku tertib berlalu lintas tersebut dibuka oleh Kepala Dishub Kutim Joko Suripto yang ditandai dengan pengalungan tanda pengenal kepada peserta yang akan mengikuti kegiatan selama satu hari efektif tersebut.

Dalam sambutannya, Joko Suripto menyebut penyelenggaraan kegiatan ini memiliki arti penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya keselamatan berlalu-lintas terutama di kalangan pelajar.

“Agar mereka menjadi panutan baik di kalangan sekolah maupun di sekitar lingkungan dimana anak tersebut tinggal, ” ujarnya.

Kemudian, dirinya juga menyebut, kegiatan ini juga menjadi bagian untuk membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya keselamatan berlalu-lintas serta prilaku yang tertib di jalan dan menjadikan pelajar sebagai agen perubahan yang bisa mendorong untuk menciptakan lingkungan lalu-lintas yang lebih aman bagi semua pihak.

“Ini menjadi agenda Kementerian Perhubungan yang kita selenggarakan setiap tahunnyatahunnya. Dan prestasi terkahir kita pada tahun 2023 menjadi juara harapan 1 tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Harapan saya tahun ini, kita mampu mengirimkan perwakilan kita untuk bisa sampai ke tingkat Nasional, “ucap Joko Suripto

Terakhir, dirinya mengajak seluruh pihak untuk ikut berperan aktif dan menjadi bagian dari pelopor keselamatan di Kabupaten yang akan segera berusia ke 24 tahun ini. Salah satunya melalui kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan yang akan terus digelar secara berkesinambungan.

“Saya minta anak-anak yang sudah mengikuti kegiatan ini untuk bisa membantu mensosialisasikan keselamatan berlalu-lintas ditengah masyarakat. Sehingga memberikan dampak positif dalam perkembangan keselamatan berlalu-lintas, ” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Keselamatan Dishub Kutim, Awang Adi Juni Astaga melaporkan, seluruh peserta yang berasal dari berbagai sekolah jenjang SMA di Kutim ini akan mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pemaparan materi dari narasumber yang berasal dari Satlantas Polres Kutim, Jasa Raharja, PMI, BNI Kutim serta Dishub Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Diakhir kegiatan, nantinya anak-anak akan melakukan ujian tertulis dari hasil tersebut nantinya akan dipilih tiga besar untuk menjadi perwakilan dari Kabupaten Kutai Timur dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Timur, ” ucap Awang Adi. (G-s08)

Loading