Sangatta, G-Smart.id – Koperasi Di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengalami pertumbuhan cukup pesat, hal ini dapat dijadikan salah satu indikator bahwa masyarakat telah menyadari dan meyakini bahwa Badan usaha Koperasi dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya serta masyarakat pada umumnya.

Terkait hal tersebut Pemkab Kutim melalui Dinas Koperasi UKM terus meningkatkan SDM pengelola koperasi melalui berbagai pelatihan-pelatihan. Salah satunya pelatihan Manajemen Keuangan dan Usaha Koperasi yang dilaksanakan di Hotel Lumbu Sangatta Utara, Kamis (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Darsafani menyampaikan peran koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha sangatlah penting. Koperasi mengembangkan potensi ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan dengan mendasari kegiatannya berdasar nilai-nilai kekeluargaan, menolong diri sendiri, bertanggung jawab, demokrasi, persamaan, berkeadilan dan kemandirian.

Dirinya menambahkan koperasi perlu mendapatkan perhatian dengan meningkatkan Kualitas SDM terkait pengelolaanya, pelayanan kepada anggotanya, permodalan, keterampilan pengurus dan pengawasnya.

“Hal ini agar Koperasi dapat dikelola secara efisien dan profesional sehingga Koperasi menjadi Badan Usaha yang sesuai dengan jati dirinya,” ujarnya.

Darsafani berharap para peserta yang mengikuti pelatihan Manajemen Keuangan dan Usaha Koperasi ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi pengelola koperasi dalam mengelola usaha koperasi.

Selain itu diharapkan dapat menghasilkan tenaga terampil yang mampu mengatur sumber permodalan baik internal maupun permodalan dari luar koperasi, secara effisien dan efektif, sehingga produktivitas tetap terjaga dan memiliki daya saing.

“Pengurus dan pengelola diharapkan dapat mengelola koperasi dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat,” harapnya.

Terakhir, Darsafani mengatakan ada motto hidup yang perlu diingat, bahwa “Jika kita tidak mudah menyerah, maka kita sudah dekat dengan kesuksesan. Di dunia ini ada dua orang yang susah sekali dikalahkan, yaitu orang yang sabar dan orang yang tidak mudah menyerah,” tutupnya. (G-S02)

Spread the love