BALIKPAPAN – Sebanyak 60 aparatur (Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengikuti Pelatihan Manajemen Keperawatan dan TOT Service Excelence di Hotel Golden Tulip Balikpapan.
Pelatihan yang digelar pada 13 – 15 Oktober 2023 yang berjumlah 60 orang ini dibagi dalam 2 kelas. 25 orang adalah peserta Manajemen Bangsal merupakan Kepala Ruangan (Karu) dan 35 orang menjadi peserta Service Excellent.
Di kesempatan itu Yuliana Kalalembang selaku Kepala Bidang Keperawatan mewakili Direktur RSUD Kudungga dr.yusuf saat membuka acara menyampaikan Kepala Ruangan di tuntut untuk memiliki wawasan yang luas.
“Diharapkan Karu mampu menerapkan manajemen keperawatan yang baik, memiliki 2K (Komitmen dan Kompeten) sehingga dapat memberikan pelayanan yang profesional kepada pasien, keluarga maupun masyarakat,” ujarnya.
Selain itu, sambung Yuliana, RSUD Kudungga dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang profesional dan handal, memahami dan mampu menerapkan service excellent yang baik, memiliki komitmen dan kompeten sehingga mampu mewujudkan Visi Misi Rumah Sakit yaitu “Menjadi Rumah Sakit Rujukan Terkemuka dan Terpercaya di kalimantan timur”.
“Saya berharap seluruh peserta dapat mempergunakan kesempatan ini secara baik dan maksimal untuk menimbah ilmu dari para narasumber handal dari Jogyakarta ini,” pesan ia.
Dirinya meminta semua peserta bersemangat saat mengkuti sesi demi sesi, pahami materi serta tanamkan dalam hati, lekatkan dalam pikiran dan terapkan setiap hari menjadi sebuah budaya rumah sakit.
“Kenali diri sendiri, pahami Tupoksi dan batasannya, selalu ingat bahwa rezeki tidak akan tertukar, lakukan perubahan dan buktikan Kudungga (ku dukung dan ku jaga ) RSUD tercinta,” ucap Yuliana.
Terakhir dirinya mengucapkan terima kasih kepada direktur RSUD Kudungga beserta seluruh manajemen dan pihak yg terkait dalam pelatihan ini. “Semoga kedepan para peserta benar benar komitmen dan kompeten dalam bertugas,” pungkasnya. (G-S02)