BERAU – Prestasi membanggakan di toreh Kontingen Cabang Olahraga Tarung Derajat Kutai Timur (Kutim) yang  berhasil keluar sebagai juara umum di ajang Porprov VII Kaltim di Berau dengan mengkoleksi 8 medali emas, 6 perak dan 3 perunggu yang berakhir pada Senin di arena PJA Sport 5 Jl. H.Isa III Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

“Alhamdulillah dari 22 atlet kita yang masuk final sebanyak 15 ditambah satu nomor Seni Gerak Getar Berpasangan, berhasil meraih medali emas, dengan sekor 1181,” ujar Ketua Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Kutim M. Misbachul Choir.

Misbach, mengatakan sedari awal pihaknya telah menargetkan lima medali emas untuk cabang Tarung Derajat. Namun keberhasilan atletnya yang berhasil menembus babak final menjadi asa baru akau lampauan atau pencapaian di atas atau melebihi target.

Medali emas pertama diperoleh Olivia Famelia Nulle, petarung Kutim yang turun di kelas 58,1-62 kg yang mengalahkan petarung Balikpapan Dinda Astika. Sayang, Andika Putra yang turun di kelas 70,1-75 putra, harus mengakui keunggulan lawannya, Saprudin dari Penajam Paser Utara sehingga harus puas dengan perolehan medali perak.

Partai berikutnya, di kelas 62,1-66 kg putri, Apriyani tampil luar biasa. Apriyani pada babak final berhasil menekuk petarung Kutai Kartanegara Maeza Puspita. Dengan keputusan mutlak yang diberikan wasit, Apriyani berhak atas medali emas.

Partai final ke empat untuk Kutim, kali ini atlet Kutim, Yasse Arya yang turun di kelas 50,1- 54 kg, kembali menorehkan prestasi terbaik dengan medali emas, setelah di partai final mengalahkan petarung Samarinda, Nurul Zahwani.

Tiga petarung lainnya untuk tiga kelas yang berbeda, masing-masing Jainurdin, kelas 55,1-58kg, Petrus Cooimans turun di kelas 49,1-52 kg dan Gamariah yang turun di kelas 54,1- 58 kg. denganb luar biasa, ketiganya mampu meraih kemenangan dengan mengoleksi tiga  emas tambahan.

Jainurdin berhasil mengalahkan petarung Kukar, Alwi. Sementara Petrus Cooimans juga berhasil mengalahkan lawannya asal tuan rumah, Agil Jauhari. Sedangkan Gamariah juga meraih kemenangan atas pertarungannya melawan Stevi dari Balikpapan

Untuk emas ke delapan diraih oleh Nikolaus Toni Sega yang turun di kelas 67,1- 70 kg yang berhasil mengalahkan Firman dari Kabupaten PPU.

Ditempat yang sama Ketua Kontingen Kutim, Kasmidi Bulang yang juga sebagai Wakil Bupati Kutim saat ditemui usai menyaksikan pertandingan Tarung Derajat menyampaikan rasa terimakasihnya pada masyarakat Kabupaten Kutim atas dukungannya selama ini.

“Tadi saya ikut menyaksikan pertandingan Cabor Tarung Derajat, Alhamdulillah atlet Kutim sudah bisa merebut 8 medali emas di ajang Porprov VII Kaltim,” tuturnya.

Tak lupa dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada offisial, pelatih dan yang utama para atlet yang telah berjuang membawa nama harum Kutim disemua cabang olahraga yang berlaga di Porprov ini. (*/G-S02).