Sangatta – Truck raksasa Liebherr T282 seberat 237 ton tidak lama lagi akan menjadi Monumen Ikon Tambang di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), truk yang memiliki ukuran panjang 14,5 meter, lebar 8,7 meter dan tinggi 7,4 meter, ini akan berdiri megah di Bukit Pandang kawasan komplek perkantoran bukit pelangi Sangatta Utara.

Senin, (31/1/2022) dilakukan serah terima ikon tambang berupa Off highway truck Liebherr T282 oleh Chief Operating Officer (COO) PT KPC Muhamad Rudy di Assembly Area Tanggo Delta kepada Pemkab Kutim yang diterima oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Serah terima ini turut disaksikan oleh Yordhen Ampung Manager External Relation, Ketua Perhapi Muhammad Rizal dan Ketua Pelaksana Teknis Ikon Tambang Perhapi Agus Siswanto Perhapi dan lainnya.

Dalam sambutannya Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan perjuangan menghadirkan truk ini tidaklah mudah, semua ini berkat kerjasama tim yang hebat dan respon yang luar biasa.

“Kita yakin saja, ini (ikon tambang) akan menjadi kebanggan bersama sebagai persembahan untuk Kutim, atas nama Pemkab Kutim dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada orang-orang hebat yang bisa menghadirkan alat ini ditengah kita semua,” ujar Kasmidi.

Kasmidi meyakini, selain menjadi ikon Tambang juga akan menjadi ikon pariwisata serta akan menjadi tempat edukasi buat anak-anak. Dirinya menambahkan kalau biasanya hanya bisa dilihat di televisi dan mendengar alat ini adanya di tambang maka tidak lama lagi akan bisa dilihat secara langsung.

Sementara itu, disampaikan oleh Yordhen Ampung Manager External Relation, walaupun butuh waktu cukup lama namun akhirnya tim yang di ketuai Wabup Kasmidi ini bisa menghadirkan truk T282 ditengah masyarakat.

Menurut Yordan, awalnya yang menjadi lokasi ikon tambang adalah folder Ilham Maulana, namun setelah dilakukan penelitian tekstur tanahnya lemah, sehingga dialihkan ke Bukit Pandang.

“Semoga ikon tambang ini bisa mengangkat nama Kutim, misalnya ada orang dari luar yang ingin melihat truk terbesar di Indonesia,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, nantinya akan diatur sedemikian rupa sehingga akan memudahkan para pengunjung untuk melakukan foto-foto sehingga estitikanya bisa didapatkan.

Diperkirakan bulan Maret mendatang Truk raksasa Liebherr T282 ini sudah berdiri tegak dan rampung dirakit kembali setelah diangkut menggunakan lowboy menuju Bukit Pandang. (G-S02)

Spread the love