Muara Wahau, G-Smart. id – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja di Kecamatan Muara Wahau, setelah sebelumnya meresmikan Goa Bunda Maria Bupati, kini Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melanjutkan lawatanya untuk meresmikan Kelompok kesenian Sanggar Tari Lestari Budaya tepatnya di Desa Wahau Baru, Sabtu, (27/11/2021)

Dalam kesempatan itu Ardiansyah mengungkapkan beragam budaya yang ada di Kutim merupakan kekayaan dan keindahan yang tidak dimiliki setiap daerah. Ini menjadi nilai dan kebanggaan tersendiri buat masyarakat Tuah Bumi Untung Banua (Kutim).

“Kutai Timur adalah miniaturnya Indonesia, semua suku dan budaya bisa saling berdampingan dengan baik, ” ujarnya

di hadapan Kadis Pariwisata, Kasatpol PP, Kadis DMP-TSP, Kadis DPMP, Camat Muara Wahau serta undangan lainnya

Bupati Kutim ini berharap agar kegiatan terkait dengan pelestarian budaya tersebut bisa dijadikan agenda rutin ditiap kecamatan, sehingga nilai-nilai kearifan daerah bisa terjaga dengan baik.

“Nanti, Camat bisa berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisataa untuk diagendakan, saya yakin masyarakat juga pasti senang,” ucapnya di hadapan Kadis Pariwisata, Kasatpol PP, Kadis DMP-TSP, Kadis DPMP, Camat Muara Wahau serta undangan lainnya

Sementara itu, Sumino ketua panitia mengatakan Kelompok Seni ini terbentuk atas inisiatif para tokoh budaya yang ada di dua Kecamatan (Muara Wahau dan Kongbeng).

“Kami berharap instansi terkait dapat membantu dalam pengembangan budaya asli Indonesia ini, sehinga bisa berjalan dan dapat dijadikan investasi daerah,” ujar Sumino. (G-S08)