BERAU – Malam pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Poprov Kaltim) ke VII berlangsung sukses, Sabtu (26/11/2022) malam. Kegiatan yang dipusatkan di Stadion Mini Olimpik Teluk Bayur Berau ini dibuka oleh Gubernur Isran Noor yang ditandai dengan menekan tombol tanda dimulainya event empat tahunan ini.

Kegiatan yang diawali dengan parade kontingen dari masing-masing Kabupaten/kota ini berlangsung cukup meriah karena menampilkan berbagai macam kesenian tradisional dipadu dengan tarian kontemporer serta atraksi kembang api yang mengundang decak kagum ribuan masyarakat yang tampak memenuhi tribun penonton.

Dalam laporannya Ketua Umum PB Poprov Kaltim ke VII yang juga Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengaku bangga dan menjadi sebuah kehormatan karena di tunjuk menjadi tuan rumah ajang multi even olahraga yang sarat gengsi ini.

“Walau sempat mengalami beberapa penundaan dalam pelaksanaannya, namun akhirnya event ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses, kami berikan apresiasi,” ujarnya mengawali sambutan.

Disamping itu, Porprov kali ini merupakan ajang terbesar yang pernah diselenggarakan di Kabupaten dengan slogan Kota Sanggam ini. Untuk itu dirinya mewakili seluruh panitia akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.

“Kami juga mengaharapkan dukungan seluruh pihak agar even kali ini berlangsung dengan aman, lancar dan mampu memberikan kesan yang baik bagi seluruh kontingen, ” pungkasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD 1 Kaltim, pimpinan daerah 10 Kabupaten/Kota, unsur Pimpinan Forkopimda, Ketua KONI Kaltim, undangan serta ribuan atlet yang tampak memadati lapangan venue tersebut.

Sebelum membuka, Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, olahraga adalah salah satu hak yang dimiliki oleh setiap warga. Selain itu, sebagai salah satu wujud kejujuran karena mengedepankan sikap kejuruan dan sportivitas. Bahkan, olahraga juga bisa menjadi salah satu ajang pemersatu bangsa-bangsa serta komunitas tertentu yang ada di dunia

“Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mendukung dan membina olahraga bersama-sama, termasuk ikut serta mensukseskan ajang Poprov kali ini, ” pintar orang nomor satu di Kaltim ini sembari tersenyum.

Selain itu, Kaltim sendiri menjadi salah satu provinsi yang menjadi salah satu daerah unggulan dalam pembinaan prestasi olahraga terbaik diseluruh Indonesia setelah pulau Jawa, hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpes) nomor 82 tahun 2021.

“Jadi ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengembangkan dan mempertahankan nama besar Kalimantan Timur di Indonesia ini, ” imbuhnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor

Terkahir, dirinya tak lupa mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh kontingen tetap junjung tinggi sportivitas dalam ajang Porprov Kaltim ke VII tahun 2022 kali ini.

Untuk diketahui, Dalam kesempatan itu juga dirangkai dengan penyerahan santunan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada salah satu official cabor Taekwondo asal PPU yang mengalami musibah kecelakaan dan mengakibatkan korban meninggal dunia yang diterima oleh Ketua KONI PPU mewakili pihak keluarga.

Hadir dalam momen pembukaan kali ini, Wakil Ketua I DPRD provinsi Kaltim, kepala daerah dari seluruh Kabupaten/Kota, unsur Pimpinan Forkopimda, Ketua KONI Kaltim, undangan, ribuan atlet serta masyarakat yang hadir memenuhi tribun penonton. (G-S08)