G-Smart.id – Muara Ancalong – Kader Posyandu  salah satu motivator dan penggerak serta garda dalam membentuk dan menunjang peran pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan balita, ibu hamil, para lansia dan sebagainya.

Berkaitan hal tersebut Kecamatan Muara Ancalong khususnya Desa Kelinjau Ilir melakukan langkah terpadu untuk persiapan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan dengan melakukan pengukuhan kader posyandu remaja yang ada di desa Kelinjau Ilir.

Pj Kades Kelinjau Ilir Heriansyah melakukan pengukuhan kepada enam orang kader posyandu remaja pada, Selasa (12/00) di Kantor desa Kelinjau Ilir dan dihadiri oleh Camat Muara Ancalong Sabran, kader Dasawisma, kader posyandu balita dan lansia, TP PKK Kecamatan Muara Ancalong, ketua TP PKK Desa dan perwakilan dari Danramil.

Menurut Camat Muara Ancalong Sabran bahwa posyandu perlu ada kader-kader untuk jangka panjang oleh karena itu dibangun komunikasi dengan para remaja supaya bisa membantu bersama-sama dengan posyandu yang telah ada.

“Mengawali tahun 2021 ini kita buat konsep-konsep bagaimana penanganan kesehatan  bisa berlanjut dan tersosialisasi dengan baik, untuk itu diambil kader-kader dari para remaja dan pemuda” jelas Sabran.

Selanjutnya Sabran menjelaskan bahwa kader-kader yang sudah dikukuhkan ini akan dilakukan pembinaan-pembinaan  melalui kader posyandu yang ada di masing-masing desa dan didampingi oleh petugas dari UPT Puskesmas  atau ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Selanjutnya Sabran menghimbau kepada masyarakat di Muara Ancalong untuk terus mentaati protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan mengurangi bepergian agar bisa terhindar dari virus covid 19 ini.

Senada hal tersebut Heriansyah selaku Sekretaris Desa Kelinjau Ilir mengatakan bahwa pentingnya masalah kesehatan, baik itu kesehatan pribadi ataupun kesehatan lingkungan maka dengan adanya kader muda posyandu bisa terus berlanjut dan berkembang  untuk mempersiapkan generasi muda yang sehat.

“Hari ini enam kader posyandu remaja dikukuhkan dan nantinya mereka  akan ikut melayani masyarakat dan membantu posyandu” ujar Heriansyah. (G-S02)

Spread the love