Sangatta – G-Smart.id – Untuk memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ke dunia internasional dalam rangka mendorong peningkatan kunjungan wisata dan pertumbuhan ekonomi lokal serta menumbuhkan kesinambungan rantai ekonomi dari sektor pariwisata untuk mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Kutim akan meluncurkan acara “Sail Sangkulirang 2024”.

Terkait hal tersebut digelar rapat persiapan pengisian data untuk mengajukan “Sail Sangkulirang 2024” kepada TNI Angkatan Laut Republik Indonesia, Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan kementerian terkait lainnya di Aula Bappeda Kutim, rabu (23/3/2022) pagi.

Rapat dihadiri oleh Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Pj Sekretaris Daerah Yuriansyah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Sekretaris Bappeda Noviari Noor beserta jajarannya dan OPD di lingkungan Pemkab Kutim.

Pada kesempatan ini Pj Sekkab Yuriansyah menambahkan sebelum pembentukan panitia besar kepada dinas-dinas terkait, agar potensi acara unggulan yang ada di zona Sangkulirang, zona Muara Wahau dan zona Sangatta untuk mempersiapkan indikatif rincian tugasnya.

“Kepada semua OPD terkait agar mengisi draft proposal yang masih kosong terkait kondisi prasarana pendukung, energi listrik, BBM, air bersih dan lainnya agar dipenuhi sebelum dilakukan presentasi dihadapan Aspotmar (Asisten Pembinaan Potensi Maritim),” ujarnya.

Sementara itu Komandan Lanal Sangatta Letkol (P) I Komang Nurhadi berharap ada kesinambungan dan kesepakatan bersama untuk menyamakan persepsi untuk mempersiapkan sebelum presentasi betul-betul ada gambaran teknis terkait kesiapan Sail Sangkulirang 2024.

“Disini kita belajar, semua masukan-masukan kita tampung bersama hingga bisa mencapai kesempurnaan,” harapnya.

Komandan Lanal Sangatta Letkol (P) I Komang Nurhadi

Dirinya menambahkan untuk kegiatan ini harus betul-betul siap sebelum menawarkan atau mempresetasikannya, untuk itu diminta samakan frekuensi mengingat masih ada waktu sekitar 1,5 tahun lagi pelaksanaannya.

“Kita masih punya waktu 1,5 tahun untuk mensinkronkan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi jadi langkah kita harus jelas, apakah ini Sail internasional atau di bawahnya,” beber Danlanal.

Perlu Diketahui Sail Sangkulirang 2024 merupakan potensi wisata bahari dan budaya yang besar sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kutai Timur di luar sektor pertambangan.

Manfaat dari Sail Sangkulirang 2024 ini adalah menegaskan pentingnya posisi Kutim sebagai wilayah yang strategis sebagai penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara, yang mendorong pemerintah, masyarakat dan para pemangku kepentingan secara bersama-sama membangun sektor kemaritiman, pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

Selain itu diharapkan dapat menumbuhkan kesinambungan rantai ekonomi dari Sektor Pariwisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatkan kunjungan destinasi wisata dan mempromosikan Keragaman budaya kepada dunia internasional dan meningkatkan keterpaduan dan sinergi program/kegiatan antara pusat dan daerah serta partisipasi pihak swasta di Sektor Pariwisata secara berkelanjutan. (G-S02)

Spread the love