G-Smart.id-Samarinda – Komisi I DPRD Kaltim bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim tengah menjadwalkan untuk terbang ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Keberangkatan mereka ke Kota Daeng, sebutan Makassar, dalam rangka memperdalam kajian dan memadatkan referensi atas penyusunan tim panitia seleksi (Timsel) dan pelaksanaan seleksi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mengatakan, bahwa memang dalam waktu dekat, pihaknya bersama Diskominfo Kaltim akan bertandang ke Makassar untuk melakukan kegiatan kunjungan kerja. Kunjungan kerja itu dalam rangka mengkaji dan memperkaya referensi sebelum membentuk Timsel KPID Kaltim.

Dia menjabarkan, mematang semua persiapan dalan seleksi KPID Kaltim dirasa sangat penting. Sehingga memudahkan kerja-kerja pengawasan yang dilakukan KPID Kaltim ke depan. Selain itu, dengan memperkaya referensi akan ematangkan persiapan. Serta dalam rangka memilih komisioner KPID KPID yang memiliki kompetensi dan kredibilitas.

“Setelah kami dari Makassar, baru kami umumkan kapan timselnya dibentuk. Termasuk kapan rencana pendaftaran komisioner KPID Kaltim akan dimulai nantinya, termasuk tahapan-tahapan lainnya, semua akan diumumkan” kata Jahidin, Kamis (17/6/2021).

Dia menambahkan, kunjungan itu juga dilakukan untuk studi banding dalam rangka mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyiaran. Raperda tersebut dipandang perlu karena akan dimasukkan ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda). Sebab sangat erat kaitannya dengan penyiaran.

“Kami bersama Diskominfo akan berangkat ke Makassar dalam rangka mengkaji referensi kesempurnaan kepanitiaan yang akan kami bentuk. Kembalinya dari Makassar kami akan bentuk kepanitiaan. Sesuai dengan hasil rapat. Tim Pansel nantinya akan melibatkan akademisi, unsur tokoh agama dan masyarakat, kemudian dari komisioner sendiri yang sudah habis masa baktinya nanti akan diakomodir 1 untuk memberi masukan,” tandasnya. (ADV/G-S06)

Spread the love