G-Smart. id – Sangatta – Dalam rangka meperingati Hari Kartini 21 April hari ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis dan IVA test. Kegiatan itu mengusung tema “Peran Perempuan Menuju Indonesia Sehat Dengan Hidup Terencana”.

Acara yang digelar secara simbolis di hari terakhir pelayanan KB gratis dan IVA test tersebut, dihelat di Klinik Pratama Bidan Triana Nur Jalan Margosantoso, Sangatta Utara, Kutim, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan dihadiri, Plt Kepala DPPKB Kutim dr Setiadi Halim, Ketua Gabungan Organisasi Wanita(GOW) Kutim, Hj Tirah Satriani Bulang, Kodim 0909/Sangatta, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kutim Sri Andayani, perwakilan Dinas Kesehatan Kutim, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim serta Danramil 0909-01/Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno.

Plt Kepala DPPKB Kutim dr Setiadi Halim mengatakan, kegiatan KB gratis serentak tersebut merupakan kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan DPPKB Kutim.

DPPKB sendiri, kata Setiadi, menargetkan minimal 595 akseptor KB dimanfaatkan dalam program yang berlangsung sejak 5 April 2021 lalu. Sebanyak 119 fasilitas kesehatan Se-Kutai Timur dirangkul untuk menuntaskan program tersebut.

“KB gratis ini ditarget minimal 595 akseptor KB, dan diselenggarakan di 119 faskes seluruh Kutai Timur,”ucap Setiadi.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai bentuk pengendalian pemerintah terhadap terjadinya “baby boom” selama pandemi Covid-19 merebak di masyarakat Kutai Timur.

Selain itu, sambungbya, KB gratis juga bermanfaat sebagai penyeimbang antara pertumbuhan penduduk dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan juga KB ini bisa membentuk keluara kecil yang sesuai dengan kekuatan sosial dan ekonominya,” ujarnya.

Menurut Setiadi, dengan terciptanya keluarga kecil yang berkesesuaian dengan kekuatan ekonomi sosial, kesejahteraan tentu tercipta. Sebab berbagai kebutuhan hidup keluarga tersebut, dapat terpenuhi dengan baik.

Plt. Kepala DPPKB Kutim dr Setiadi Halim

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita(GOW) Kutim, Hj Tirah Satriani Bulang hadir memberikan dukungan terhadap program KB gratis tersebut.

Dalam kesempatan itu, Tirah (sapaan akrab) mengajak kepada seluruh pihak menyebarkan informasi terkait pentingnya program KB yang berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga.

“Kita harus mendukung program KB ini dengan menyebarkan informasi ke masyarakat. Supaya banyak keluarga bisa menjadi keluarga yang sehat dan sejahtera,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Istri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang tersebut berharap kegiatan KB gratis ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh keluarga di Kutai Timur. (ADV/G-S04).