G-smart – Berbicara soal potensi alam di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) seperti tak ada habisnya. Disetiap kecamatan yang ada masing-masing memiliki sumber daya alam yang menarik. Salah satunya di Kecamatan Karangan, ya, disana terdapat pemandian sumber air panas di Desa Batu Lepoq yang keluar langsung dari perut bumi alias bersumber dari Goa Karts Sangkulirang.

Rimbunnya hutan dan hijaunya pepohonan akan menjadikan pemandangan yang indah bagi mata. Maka tak heran jika pemandian air panas Desa Batu Lepoq masih menjadi juara wisata bagi masyarakat lokal.

“Obyek wisata ini dapat ditempuh melalui jalur darat dan sungai disana pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti mandi dan berendam dikolam pemandian yang memiliki air jernih dan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit juga sekedar menghilangkan rasa setres,” ungkap Kepala Objek Wisata Kutim Akhmad Rifanie.

Lanjut Rifanie, wisata pemandian ini dibagi dua, untuk dewasa dan anak-anak. Konon, pemandian air panas Desa Batu Lepoq ini sudah ada sejak zaman dahulu, tempat ini merupakan peninggalan orang bersejarah.

“Sumber air panas disini tidak pernah kering. Bahkan pada tahun 1982 pernah terjadi kemarau panjang akan tetapi tidak mempengaruhi tempat ini airnya tetap mengalir deras kedalam kolam,” tambahnya.

Tempat ini juga digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sumber kehidupan sehari-hari mulai dari konsumsi (masak dan minum), mencuci juga mandi.

Selain pemandian air panas di Desa Batu Lepoq juga memiliki Gunung Karts atau Puncak Mengkuris. (G-S07)

Baca Juga : Pasir Pantai Putih Teluk Singkama Jadi Destinasi Wisata Baru

Spread the love