G-Smart.id – Sangatta – Seekor buaya jantan sepanjang 1.8 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kutai Timur dari kolam warga di jalan Rawa Gabus Gg. 97 Kec. Sangatta Selatan, senin (23/08/2021) sekitar pukul 09.00 pagi.

Sebelumnya di hari Sabtu (21/08/2021) Tim Rescue DPKP Kutim menerima laporan dari Baharuddin warga setempat terkait adanya seekor buaya yang masuk ke dalam kolam warga.

Menindaklanjuti laporan tersebut Tim Rescue DPKP segera mendatangi lokasi untuk melakukan survei dan memang ditemukan adanya seekor buaya yang masuk ke dalam kolam warga.

Di katakan Saidin salah satu anggota Tim Rescue DPKP untuk melakukan penangkapan buaya tersebut timnya memasang perangkap besi ke dalam kolam pada hari sabtu.

“Perangkap dipasang hari sabtu dan pada hari senin pagi kami menerima laporan kalau buaya tersebut sudah masuk kedalam perangkap,” ujar Saidin saat dikonfirmasi via telepon.

Setelah buaya masuk perangkap besi Tim Rescue yang beranggotakan sembilan orang segera mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi, anggota yang bertugas melakukan evakuasi adalah Rusdi, S.M, Saudin, SP, Mishan, Ari Wibowo, Achmad Fadli, S.Pd, Herman, Radiansah Hidayat, Bhakti dan Suryadi.

Disampaikan Saidin proses evakuasi berlangsung sengit karena mendapatkan perlawanan dari buaya tersebut sehingga perlu tenaga extra untuk menarik dan mengeluarkan buaya tersebut dari kolam.

“Buaya melakukan perlawanan namun karena buaya tersebut sudah masuk dalam perangkap sehingga tidak terlalu membahayakan petugas yang melakukan evakuasi,” bebernya.

Sebelumnya beberapa hari yang lalu Tim Rescue DPKP Kutim juga telah melakukan evakuasi buaya betina sepanjang 2.63 meter di Folder Ilham Maulana Sangatta Utara.

Dua ekor Buaya yang berhasil di evakuasi Tim DPKP Kutim di Jalan Rawa Gabus dan Folder Ilham Maulana

Saat ini dua ekor buaya yang dievakuasi ditempat berbeda tersebut sudah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim. (G-S02)

Spread the love