Sangatta – G-Smart.id – Untuk meningkatkan kinerja dalam pengelolaan pengaduan layanan publik yang up to date, baik dalam hal partisipasi masyarakat, kualitas pengelolaan maupun tingkat inisiatif seluruh instansi pengelola dalam mendorong pengelolaan pengaduan, dilaksanakan Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2022.

Launching Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke 4 sebagai agenda pembuka kompetisi yang melibatkan seluruh Unsur Kementerian/Lembaga/Daerah dan Instansi Se Indonesia dilakukan secara virtual, kamis (17/2/2022).

Dari Pemkab Kutai Timur (Kutim) dihadiri oleh Plh Asisten Administrasi Umum Rizali Hadi didampingi Sekretaris Diskominfo Perstik Ronny Bonar Siburian beserta jajarannya di ruang rapat virtual Diskominfo Perstik Kutim.

Usai mengikuti Launching Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke 4, Plh Administrasi Umum Rizali Hadi menyampaikan dengan adanya kompetesi pengelolaan pelayanan publik menjadi dorongan dan semangat bagi Pemerintah Daerah untuk lebih memperhatikan pengaduan-pengaduan masyarakat.

“Sehingga masyarakat tidak terkesan seolah-olah kita tidak memperhatikan apa yang menjadi keinginan masyarakat, karena setiap pelaporan itu harus ditindaklanjuti dan harus ditangani,” ujarnya.

Berikutnya, Rizali mengatakan selama ini pelayanan masih kurang maksimal karena belum terintegrasi secara optimal, walaupun selama ini sudah dijalankan namun perlu ada kesepahaman antar OPD agar bisa terintegrasi dengan baik.

Menurutnya, ini hal penting yang perlu ditindaklanjuti karena akan berkaitan dengan kinerja dan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah.

“Perlu ada keinginan kuat bersama untuk memperbaiki layanan kepada masyarakat, terutama dalam hal pengelolaan pengaduan masyarakat terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat itu sendiri,” tutup Rizali.

Untuk diketahui, kompetisi ini ditujukan bagi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Akhir dari kompetisi ini adalah memilih peserta terbaik dari tiga kategori, yakni dua peserta penerima kategori Outstanding Achievement, 10 instansi pemerintah umum, serta lima besar peserta Unit Penyelenggara Pelayanan.

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik merupakan kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian dan pemberian penghargaan kepada penyelenggara pelayanan publik yang terfokus pada Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor!) dengan jadwal penilaiannya 15 – 17 Mei 2022.

Dalam melaksanakan kompetesi ini Kementerian PANRB melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI.

Selain itu Pemerintah juga menggandeng Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP) untuk menyelenggarakan kompetisi ini. (G-S02)

Spread the love