G-Smart.id – Sangatta – Guna meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih serta membangun kesadaran politik dan mengedukasi masyarakat dalam menyaring informasi terkait kepemiluan hingga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak terlibat politik uang maka dilakukan Launching Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilih (DP3) Tahun 2021 Desa Sangatta Selatan. Sabtu (16/10/2021) di Kantor KPU Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman, Ketua KPU RI Ilham Saputra, S.I.P, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, SE, Asisten I Suko Buono, Kaban Kesbangpol Basuni, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida beserta jajarannya dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua KPU RI Ilham Saputra, S.I.P menyampaikan KPU menjalankan Program DP3 ini karena melihat dari beberapa pengalaman pemilu sebelumnya masih banyak masyarakat yang memilih bukan sesuai nuraninya, bukan karena visi dan misi yang sampaikan paslon tapi memilih karana ada politik uang, hal inilah yang merusak demokrasi.

“Oleh karena itu kami (KPU) perlu memberikan kesadaran dimulai dari Desa agar masyarakat bisa menyadari perannya melalui pemilu, karena pemilu itu tidak hanya memilih pemimpin , tapi kebijakan yang diambil pemimpin nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat,” beber Ketua KPU RI ini.

Pemukulan Gong tanda di mulainya launching Program DP3 Desa Sangatta Selatan oleh Ketua KPU RI Ilham Saputra, S.I.P di saksikan Bupati Kutim, Sabtu (16/10/2021) di Kantor KPU Kutim

Sementara itu Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman menyampaikan kepesertaan pemilu sudah menjadi permasalahan baik itu ditingkat nasional maupun daerah sehingga diharapkan dengan adanya launching DP3 untuk Desa Sangatta Selatan ini menjadi rule atau model terhadap Desa lainnya.

“Desa Sangatta Selatan dipilih menjadi pilot project sebagai percontohan karena keterlibatan masyarakatnya di dalam pemilu kemaren cukup tinggi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan pemilu itu akan menjadi barometer kemajuan negara atau daerah karena didalamnya disodorkan program-program sehingga ini menjadi sarana penting untuk kemajuan daerah.

“Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat dan keikutsertaan masyarakat disetiap pemilu akan meningkat,” ujarnya.

Terakhir Bupati menghimbau kepada masyarakat terkait akan dilaksanakannya Pilkades tanggal 18 Oktober 2021 agar semuanya dapat berbondong-bondong untuk datang dan memilih Kepala Desa di wilayah masing-masing. (G-S02)