Sangatta, G-Smart.id – Dalam melaksanakan pemerintahan yang efektif, efisien dan transparan serta Pemerintahan yang berbasis elektronik atau electronic government (e-government) diharapkan akan memberikan dampak terhadap peningkatan efisiensi pada jalur informasi.

Dengan adanya peningkatan informasi ini nantinya masyarakat umum akan mudah mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan, berbagai hal yang pada umumnya menyangkut Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan khususnya Informasi tentang Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Kutim.

Untuk mempercepat langkah e-government ini Pemkab Kutim melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik telah meluncurkan website untuk 4 (empat) OPD yakni Inspktorat Wilayah, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Peluncuran website dilakukan bersamaan dengan acara Launching KUTIM SIGAP Layanan Call Center 112, rabu (22/12/2021) di ruang Meranti Setkab Kutim.

Saat memberikan sambutan, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan seiring perkembangan teknologi informasi dan peningkatan pelayanan publik lainnya, serta komunikasi yang semakin cepat yang dibarengi dengan semakin kritisnya sikap masyarakat terhadap berbagai pelaksanaan dan hasil pembangunan yang sedang dilaksanakan telah mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk melaksanakan pemerintahan secara efektif, efisien dan transparan.

“Sebagai sebuah jawaban terhadap tuntutan tersebut adalah upaya untuk menyelenggarakan pemerintahan yang berbasis elektronik (digital electronic),” ujar Ardiansyah.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang saat menyerahkan website PPID Pembantu kepada 4 OPD, rabu (22/12/2021) di ruang Meranti Setkab Kutim.

Dirinya berharap dengan hadirnya situs ini akan memberikan kontribusi terhadap pendayagunaan potensi Kabupaten Kutai Timur serta dapat menjadi media interaksi informasi dan komunikasi baik secara lokal, regional, nasional serta internasional.

“Semoga situs ini akan bermanfaat sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai sebuah tanggungjawab pemerintah yang berbasis Good Governance,” harapnya.

Sementara itu menurut Kadis Kominfo Perstik Ery Mulyadi dalam laporannnya dihadapan Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto serta undangan lainnya menyampaikan selain Launching Call Center 112 Diskominfo Perstik juga meluncurkan Website PPID Pembantu yang akan diserah terimakan kepada 4 OPD diantaranya Inspektorat Wilayah Daerah Kutai Timur, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Diharapkan dengan adanya website PPID Pembantu ini dapat mempermudah OPD untuk menyediakan data-data informasi publik dan bisa lebih meningkatkan pelayanan informasi publik di pada masing- masing OPD agar dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Ery. (G-S02)