Sangatta, G-Smart.id – Di depan Jalan Sawitto Pinrang (Kanal 3) RT. 65 Bukit Pelangi Sangatta Utara merupakan daerah langganan banjir setiap sebulan sekali. Hal ini terjadi karena aliran pasang di saat bulan purnama, biasanya tiga hari sebelum puncak bulan purnama sampai tiga hari setelah purnama air akan meluber sampai ke jalan.

Namun semua itu nampaknya sebentar lagi bisa teratasi, hal ini diketahui saat Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menghadiri acara Grebek RT di Kanal 3 Bukit Pelangi, Minggu (7/11/2021) pagi. Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan bahwa rencananya di tahun 2022 mendatang akan dilakukan peningkatan badan jalan sepanjang kurang lebih satu kilometer, dari depan Kanal 3 sampai ke Perumahan Griya Bukit Pelangi (GBP).

“Saya sudah minta Dinas Perkim untuk tahun depan wilayah ini (Kanal 3) sampai ke muara, namun Perkim kemungkinan sanggup hanya sampai perumahan” beber Ardiansyah disambut sorak sorai warga RT. 65.

Namun Ardiansyah berharap mudah-mudahan tidak ada tsunami keuangan karena beberapa tahun yang lalu sering terjadi, seperti tahun 2019-2020 adanya Covid 19 sehingga semua daerah di Indonesia harus fokus anggaran untuk penanganan Covid 19.

“Mudah-mudahan tidak ada gelombang ke tiga Covid 19, karena kalau itu terjadi anggaran pasti akan fokus kesana lagi, sehingga sulit kita lakukan pembangunan infrastruktur,” kata Ardiansyah.

Seusai kegiatan saat ditanya awak media terkait sungai yang sudah dangkal apakah akan dikerjakan pengerukan, dirinya mengatakan jalan ini merupakan akses utama warga untuk keluar masuk, sehingga peningkatan badan jalan lebih diprioritaskan pembangunannya.

“Kita ini dulu (jalan) karena mobilitas masyarakat yang jauh didalam (perumahan) menggunakan jalan ini, jadi ini lebih diprioritaskan,” ujar orang nomor satu Kutim ini.

Diakhir wawancara Ardiansyah mengatakan kalau dirinya meminta kepada Dinas Perkim peningkatan badan jalan ini sampai ke perumahan, bahkan kalau mampu sampai ke ujung jalan, agar orang bisa menjadikan jalan disisi sungai Kanal 3 ini menjadi destinasi jogging track. (G-S02)