Sangatta, G-Smart.id – Saat memberikan sambutan Presentasi PT Pelindo Terkait kerjasama dengan Pemkab Kutim di ruang Tempudau Kantor Bupati, Senin (8/11/2021) Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman meyakini jika Pelabuhan Kenyamukan yang ditarget tahun 2023 sudah bisa beroperasi mampu menopang dari segi perekonomian.

“Selain itu bisa juga di gunakan sebagai daya dukung pertahanan kelautan yang ada di sekitar wilayah alur kepulauan Indonesia ALKI 2 ini,”ujar Ardiansyah.

Menurutnya wilayah Kutim berada diposisi yang sangat strategis dan berdekatan dengan selat Makassar yang memiliki kedalaman hingga 50 meter kebawah.

“Yang memungkinkan bisa menjadi jalur lalulintas yang tidak bisa dideteksi oleh pertahanan kita di laut,” katanya.

Hal itu di katakannya mengingat Kutim merupakan daerah penyangga dimana Kaltim merupakan daerah yang dipilih oleh Presiden untuk menjadi lokasi Ibu Kota Negara ( IKN), yang mana unsur keamanan menjadi sangat penting untuk di perhitungkan.

“Saya yakin kalau pelabuhan Kenyamukan ini jadi, bisa menjadi fasilitas daya dukung pertahanan kelautan kita melalui Lanal,” ucapnya. (G-S08).