SANGATTA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, akan memberikan fasilitas layanan internet gratis bagi setiap satuan pendidikan, mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga menengah Pertama (SMP) yang ada.

Terobosan ini menjadi bagian dari sekian program yang di luncurkan oleh pemerintah daerah yang menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten yang sebentar lagi akan berusai ke 24 tahun tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kutim Agusrianysah Ridwan menyabut baik langkah yang di ambil oleh pemerintah daerah yang menurutnya terus melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan kepda mayarakat, terutama dalam bisang pendidikan.

“Saya rasa, ini (program internet) harus di lakukan, karena kalau berbicara soal pemerintahan dan desa kan sudah ada Diskomonfo yang menangani, Nah untuk sarana dan prasarana pendidikan itu sudah bisa seharusnya mereka (Disdikbud) membuat rencana strategis sendiri, dan itu perlu di support,” ujarnya.

Menurut pria yang sebelumya berprofesi sebagai guru ini, selain untuk mengejar nilai Akreditasi sekolah, adanya layanan internet di setiap satuan pendidikan menjadi keharusan, salah satu tujuanya untuk mengejar ketertinggalan, selain menjadi daya dukung untuk pembelajaran para siswa.
“Salah satu manfaatnya, secara bertahap nanti setiap sekolah sudah bisa melaksanakan PPDB secara online, karena kita akui masih banyak sekolah yang belum bisa melaksanakan itu (PPDB) karena memang keterbatasan sumber daya, diantaranya internet,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Disdikbud Kutim Mulyono mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan penyediaan internet di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kutim. untuk tahap perencanaan awal, dirinya menargetkan awal Juni program tersebut sudah bisa rampung.

“Saya targetkan sampai akhir Juni ini seluruh sekolah sudah rampung di data oleh tim konsultan, setelah itu, hasilnya akan kita presentasikan kepada seluruh pihak terkait, agar nantinya program ini bisa terlaksana dan bermanfaat, dan saya targetkan tahun depan seluruh sekolah sudah bisa melaksanakan PPDB online,” ujarnya. (adv/g-s08)

Loading