Sangatta – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Timur (Kutim) mengelar Festival Pemuda Kutim bertepatan pada Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Bertemakan “Merajut Kebhinekaan Dalam Rangka Membangun Semangat Kebangsaan” ini digelar selama dua hari pada 1 -2 Juni 2024 di Halaman Helipad Kantor Bupati Kutim.

Dalam laporannya Kepala Dispora Kutim Basuki Isnawan menyampaikan dalam Festival Pemuda ini diharapkan anak-anak muda bisa bersatu dan bangga dengan keragaman budaya Indonesia.

“Selain Karnaval, kegiatan ini juga meghadirkan Bazar UMKM, seminar tentang bahaya narkoba, seminar tentang meningkatkan pengembangan diri agar menjadi enterprenuer muda,” ujar Basuki.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan Dispora Kutim akan selalu membuka ruang buat anak-anak muda dan bersama-sama untuk maju.

Sementara itu Bupati Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini bisa menjadi tonggak untuk selanjutnya dijadikan agenda tahunan (Festival Pemuda).

“Diharapkan Dispora tidak hanya bangga dengan olahraga, tapi bangga juga dengan aktivitas kepemudaan,” ucap Bupati ardiansyah.

Dirinya minta Festival Pemuda ini menjadi bagian agenda Pemkab Kutim dalam meningkatkan kreatifitas pemuda. Bupati Ardiansyah menyebut di hari lahir Pancasila ini merupakan wadah pemersatu bangsa.

“Bangsa Indonesia hidup dengan heterogenitas tetapi memiliki kebhinikeaan yang cukup tinggi, sehingga sampai saat ini bangsa kita tetap merajut kebersamaan,” tuturnya.

Kebersamaan, sambung ia, di visualisasikan dengan hadirnya karnaval budaya yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa yang akan memperlihatkan kreativitas dalam merajut keberagaman adat dan budaya sebagai pemersatu bangsa. (Adv/g-s02)

Loading