Sangatta, G-Smart.id – Kutai Timur (Kutim) memiliki potensi wisata alam yang cukup potensial untuk dikembangkan. Oleh karena itu Pemerintah Daerahnya melalui Dinas Pariwisata gencar melakukan pengembangan destinasi wisata untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada di Kutim.

Menurut Kabid Pemasaran dan Industri Pariwisata Dinas pariwisata (Dispar) Kutim, Dessy Wahyu bahwa tahun ini ada tiga objek wisata yang menjadi fokus pengembangan.

“Saat ini ada tiga menjadi fokus Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata, yaitu Karts, Pulau Miang dan Pantai Teluk Lombok,” kata Dessy saat agenda pelatihan penggaraman sistem tunel oleh PT Kaltim Prima Coal, di Desa Sangkima Sangatta Selatan, Senin (8/11/2021) pagi.

Ditambahkan Dessy, pengembangan objek wisata di Kutim termasuk Pantai Teluk Lombok saat ini mulai dilakukan secara bertahap, termasuk penyediaan sarana prasarana pendukungnya.

“Sarana dan prasarana termasuk kesiapan masyarakat untuk mendukung di desa sangkima sebagai desa wisata. Ini yang kita lakukan saat ini, termasuk adanya proyek penggaraman sistem tunel oleh KPC,” tuturnya.

“Program ini bagus, ini bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat, karena yang pertama di Kutim bahkan Kaltim,” tutupnya. (G-S02/*)